batampos.co.id – Jika terlalu banyak makan keripik kentang, seseorang wajib mengamati beberapa perubahan yang mengkhawatirkan dalam tubuhnya.

Terutama jika makan banyak camilan asin dan berlemak ini setiap hari.

Berikut 5 kondisi kesehatan yang bisa diakibatkan karena terlalu banyak makan keripik kentang seperti dilansir dari Science Times, Jumat (22/1):


1. Tekanan Darah Tinggi

Tentunya tidak ada yang ingin mengalami tekanan darah tinggi terutama yang mengarah pada dampak kesehatan lainnya seperti demensia dan penyakit jantung. Jika sering makan keripik, seseorang memiliki risiko menderita hipertensi yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi.

Ini karena kadar natrium tinggi yang ditemukan di setiap porsi keripik. Menurut Harvard Medical School dan Cleveland Clinic, kandungan garam dari camilan ini sangat mengganggu kestabilan kadar natrium dibandingkan dengan makanan lain.

2. Kanker

Sekantong keripik kentang favorit dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker. Menurut American Cancer Association, akrilamida, bahan kimia yang muncul dalam makanan olahan mengandung sifat karsinogenik yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

Bahkan efek karsinogen pada keripik kentang berisiko tinggi seperti nikotin. Asap rokok dan keripik kentang mengandung karsinogen, yang membawa bahaya bagi kesehatan.

Keripik kentang. Foto: Pixabay

3. Stroke

Griffin Health menetapkan bahwa keripik kentang mengandung banyak kolesterol. Jika ada anggota keluarga dengan riwayat stroke, cobalah menghindari camilan seperti itu.

The Mayo Clinic mengatakan, timbunan lemak yang ditinggalkan oleh makanan yang kaya kolesterol, mengakibatkan penyumbatan di arteri yang kemudian dapat menyebabkan stroke.

4. Depresi

Salah satu efek samping dari rutin mengonsumsi keripik kentang tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik. Dengan memanjakan diri dalam kantong keripik ini, kita menempatkan kesehatan mental dalam risiko.

Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi lemak trans menyebabkan kemungkinan depresi.

5. Penambahan Berat Badan

Tidak mengherankan lagi bahwa keripik dapat menyebabkan penambahan berat badan yang besar. Mengingat keripik memiliki banyak kalori kosong dan cukup mudah untuk makan berlebihan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan New England Journal of Medicine secara langsung mengaitkan makanan ringan seperti keripik dengan perubahan berat badan yang ekstrem.(jpg)