Benda asing mirip rudal yang diduga drone bawah laut ditemukan oleh Nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas, telah di evakuasi oleh Lanal Tarempa, Kamis (21/1/2021). (Foto: Faidillah/batampos.co.id)

batampos.co.id – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, mengatakan, benda terapung di pesisir pantai Kabupaten Kepulauan Anambas yang ditemukan oleh nelayan lokal tradisional daerah ini, telah diamankan. Saat ini benda itu berada di Lanal Tarempa.

“Alhamduliah, ini adalah sinergitas dari Polres, kemudin TNI AD dan tim Lanal Tarempa, di wilayah Kepulauan Anambas telah berhasil melaksanakan evakuasi benda yang terapung itu, yang ditemukan oleh masyarakat nelayan Anambas,” ucapnya kepada batampos.co.id, Kamis (21/1/2021).

Masih kata, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, bahwa pengamanan dan evakuasi yang dilakukan itu bertujuan untuk mengurangi keresahan masyarakat akibat munculnya benda asing di perairan Indonesia.


“Saat ini Lanal Tarempa sudah berkerja sama dengan pimpinan atasan bahwa benda itu akan dilanjutkan untuk pemeriksaan dan penelitian lebih lanjut. Tentunya kita tidak bisa menyampaikan ini sebab harus ada yang meneliti kualifikasi itu, kami menjalankan perintah pimpinan atasan, untuk mengamankan kepada masyarakat,” jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya seorang nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, menemukan benda asing mirip rudal yang diduga drone bawah laut.

Benda asing tersebut ditemukan oleh nelayan tradisional lokal bernama Ain, 52. Ain menemukannnya terdampar di perairan pesisir pantai Dusun Mentalib, Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur, Anambas, sekira pukul 15.30 WIB, Selasa (19/1/2021).

Sementara itu, seorang warga Dusun Mentalip, Hendriyano, membenarkan adanya penemuan benda asing itu. Dia mengatakan benda asing mirip rudal itu ditemukan oleh Ain, kerabat keluarganya, pada tanggal 19 Januari 2021 di pesisir pantai.

Lanjut kata dia, saat benda itu ditemukan di pesisir pantai, Ain bersama anaknya langsung membawa pulang ke halaman rumah sebab merasa aneh barang itu belum pernah dilihat sebelumnya.

“Benda asing itu berwarna biru, ada kipas di ujung benda itu, kemudian panjang 1,5 meter dan memiliki berat sekitar 25 kilogram. Ada tulisan diduga tulisan China yang sudah tidak utuh lagi,” jelasnya, Rabu (20/1/2021).(fai)