batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam membuka pendaftaran pelatihan kerja online atau daring. Pelamar bisa bisa langsung mengunjungi laman resmi, http://simlattas.com atau http://disnaker.batam.go.id.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan, pendaftaran pelatihan dibuka online karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Melalui pendaftaran daring, diharapkan pelamar lebih aman ketika ingin mendaftarkan diri.


”Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena keselamatan dan keamanan pelamar itu prioritas. Kita ingin pelatihan ini tetap berjalan, namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan,” kata Rudi, Kamis (21/1/2021).

Ilustrasi. Puluhan pencaker memadati bagian depan PT Panasonic Batam Centre beberapa waktu lalu. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Pendaftaran mulai dibuka tanggal 22-29 Januari. Pelamar bisa langsung mengakses website yang disediakan. Website akan menyajikan jenis pelatihan, baik untuk pencari kerja (pencaker) maupun peningkatan keahlian atau sertifikasi bagi tenaga kerja.

Untuk persyaratan, pelamar wajib mengunggah data melalui website yang disediakan. Untuk pencaker, wajib melampirkan
kartu identitas diri, AK1, pas poto, ijazah, dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.

Peserta untuk pelatihan dasar akan mengikuti seleksi tanggal
30 Januari-1 Februari di SMPN 3 Batam. Pelaksanaan ujian juga sudah diatur.

”Tujuannya agar tidak ada kerumunan. Jadi dibagi untuk waktu pelaksanaan seleksinya,” imbuh Rudi.

Sementara, untuk peningkatan pelatihan, tenaga kerja harus memiliki pengalaman minimal dua tahun di masing-masing bidang, usia maksimal 45 tahun, status bekerja di perusahan Batam, dan ada surat dari perusahaan.(jpg)