Kamis, 25 April 2024

DPRD Batam Minta Guru Honorer Prioritas PPPK

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemko Batam mengusulkan penambahan
2.000 guru saat pembukaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), tahun ini.

Diharapkan, tenaga guru honorer yang ada saat ini, diprioritaskan saat dibukanya peluang tersebut.

”Ketika berbicara keberpihakan, tentu kami juga sangat menginginkan agar guru honorer yang selama ini mengabdi sekian lama, menjadi bagian prioritas yang diterima di PPPK,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ia mengatakan, kekurangan 2.000 guru di Batam merupakan hasil penghitungan yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Batam.

Kantor DPRD Kota Batam. Anggota DPRD Kota Batam meminta agar guru honorer diprioritaskan menjadi PPPK. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Itu dilakukan dengan perbandingan jumlah siswa dan komposisi guru yang dibutuhkan agar kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

”Ketika ada peluang untuk mengusulkan, pemerintah daerah pasti mengusulkan formasinya. Dan formasi yang diusulkan itu nanti akan di setujui oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud,” katanya.

Mengenai berapa yang akan disetujui oleh pemerintah pusat, Dinas Pendidikan Kota Batam yang nantinya akan merilisnya.

Sementara peluang untuk jadi PNS, tentu untuk sebagian honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun, peluangnya menipis.

Pasalnya, untuk diangkat menjadi PNS, minimal berumur 35 tahun dan proses penerimaannya murni dari hasil seleksi.

Tidak seperti sebelumnya yang memprioritaskan yang sudah lama mengabdi.

”Tapi sekarang tidak ada lagi. Kecuali aturan tentang Undang-undang ASN itu diubah pemerintah pusat, baru bisa dilakukan,” bebernya.(jpg)

Update