Kamis, 18 April 2024

PMI Batam Siap Tampung Donor Plasma Konvalesen

Berita Terkait

batampos.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyiapkan sejumlah Unit Donor Darah (UDD) untuk menampung donor plasma konvalesen sebagai salah satu metode penyembuhan bagi mereka yang masih berjuang melawan Covid-19.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Batam, dr Novia, mengatakan, saat ini pihaknya belum mentargetkan berapa darah yang akan dikumpulkan. Karenakan belum ada permintaan dari rumah sakit.

“Hari ini kita sudah ada 3 pendonor, berarti sudah ada 3 kantong darah dengan golongan darah O dua orang dan golongan darah B 1 orang,” ujarnya, Senin (25/1/2021).

Ia menjelaskan, pembuatan plasma konvalesen bertujuan untuk membantu masyarakat atau pasien yang sedang dirawat di rumah sakit yang terkena Covid-19.

“Plasma Konvalesen ini sebagai terapi penunjang, bukan terapi utama dari penyakit Covid-19. Manfaatnya menambah imun didalam tubuh, sama seperti imunisasi,” katanya.

Menurutnya, pendonor yang mendonorkan darahnya akan diambil plasmanya dengan cara apheresis.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Batam, dr Novia, melihat seorang warga Batam yang mendonorkan plasma konvalesen di kantor PMI Kota Batam. Foto: dhiyanto/batampos.co.id

Menurutnya yang diambil dari pendonor adalah plasmanya saja dan sisa darah merahnya akan kembali ke dalam tubuh.

“Itu yang diambil dari satu orang 400 sampai 600 cc, jadi sebelum pengambilan kita screening dulu diawal. Kita cek titel anti bodinya berapa mencukupi atau tidak dan harus melewati pemeriksaan penyakit menular,” tuturnya.

Novia menyampaikan, screening sudah dilakukan minggu lalu dan ada 45 orang yang lolos. Sementara untuk di Kota Batam hanya 4 orang.

Kemudian screening tersebut dikirimkan ke Jakarta dan hanya 3 orang yang lolos.

“Untuk minggu ini harus diproduksi 8 kantong dengan golongan darah yang berbeda-beda, karena begitu kita ada permintaan kita sudah ada darahnya dan kita tinggal distribusikan,” jelasnya.(nto)

Update