Selasa, 19 Maret 2024

2.585 Nakes di Kepri Sudah Divaksinasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan hingga Jumat (22/1) lalu sebanyak 2.585 atau 18 persen tenaga kesehatan (nakes) di Kepri sudah mendapatkan program vaksinasi Covid-19.

Menurut Arif, untuk program vaksinasi, tim akan menggunakan tiga jenis vaksinasi yang berbeda. “Proges vaksinasi tenaga kesehatan se-Kepri sekitar 18 persen. Sementara, total nakes yang rencana akan divaksinasi sebanyak 14.363 nakes,” ujar Arif Fadillah, dilansir Harian Batam Pos.

Dijelaskannya, tim vaksinator yang bekerja akan menggunakan tiga jenis vaksin yang berbeda. Masyarakat dengan usia di atas 60 tahun tetap akan mendapatkan vaksin Covid-19. Namun vaksin yang diberikan bukan merek Sinovac, melainkan Pfizer (Jerman) dan Astra-Zeneca (Inggris).

”Sesuai arahan Kemenkes (Kementerian Kesehatan), warga usia yang di atas 60 tahun dan sehat juga akan di suntik vaksin, namun dengan vaksin yang berbeda, yakni Pfizer dan Astra-Zeneca,” jelas Arif.

Masih kata Arif, kelompok usia di atas 60 tahun yang akan mendapatkan vaksinasi ini adalah mereka yang masih aktif bekerja dan juga harus sehat. Sebelum dilakukan vaksinasi juga sama, akan dilakukan pengecekan kesehatannya serta harus diketahui riwayat kesehatan yang bersangkutan.

”Tentu harus sehat bagi usia di atas 60 tahun, untuk divaksinasi. Apabila sesuai jadwal vaksin dengan merek Pfizer dan Astra-Zeneca akan tiba di Kepri akhir Februari atau awal Maret nanti. Vaksinasi bagi kelompok usia di atas 60 tahun, pada Maret hingga April mendatang,” jelasnya lagi.

Arif juga mengatakan, Pemprov Kepri menargetkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 1,4 juta warga Provinsi Kepri rampung pada 2021 ini. Apabila 80 persen dari total 1,4 juta warga Provinsi Kepri sebagai calon penerima vaksin telah divaksinasi, maka kasus Covid-19 di Provinsi Kepri diprediksi akan mereda.

”Kalau Covid-19 mereda, tentu perekonomian akan kembali bangkit. Namun perlu diingat setelah divaksin harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.(*jpg)

Update