Selasa, 23 April 2024

Minum Lebih dari 2 Cangkir Kopi Sehari Bantu Kurangi Lemak

Berita Terkait

batampos.co.id – Segala cara kadang dilakukan demi menghilangkan lemak tubuh. Mulai dari olahraga hingga diet makanan dan minuman. Nah, bicara soal minuman, ternyata minum kopi bisa membantu mengurangi lemak lho.

Dilansir dari 7News, Rabu (3/2), sebuah penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey dan peneliti dari Anglia Ruskin University menemukan, minum lebih dari 2 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan kadar lemak tubuh dibandingkan dengan mereka yang hanya sesekali minum. Hal itu dilakukan pada perempuan berusia antara 20 dan 43 tahun.

ILUSTRASI. Kafein dalam teh dan kopi ternyata bisa lawan lemak sehingga terhindar dari obesitas. (Foodal)

Mereka yang minum 2 hingga 3 cangkir setiap hari memiliki lemak tubuh 3,4 persen lebih sedikit. Perempuan berusia antara 45 dan 69 tahun yang minum 4 cangkir per hari menunjukkan kehilangan lemak tubuh yang lebih besar (4,1 persen.)

Yang paling mengejutkan, kopi tanpa kafein memiliki efek yang sama. Peneliti utama Lee Smith menjelaskan hal ini terjadi karena adanya senyawa bioaktif (selain kafein) yang berpotensi mengatur berat badan kita.

“Bisa jadi kopi atau ramuannya yang efektif diintegrasikan ke dalam strategi diet sehat untuk mengurangi beban kondisi kronis lainnya obesitas,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Namun tetap harus diingat, penting untuk mengonsumsi kopi tidak berlebihan. Sebab tetap ada risiko penyakit kardiovaskular meningkat dengan tekanan darah tinggi jika konsumsi kafein berlebihan.

Batasan 4 cangkir per hari umumnya dianggap sebagai titik maksimal. Sehingga disarankan tidak melebihi itu.(jpg)

Update