batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatatan, tahun ini merupakan tahun emas bagi Kota batam.

Hal itu dikarenakan tahun ini pembangunan Kota Batam akan dilakukan melalui anggaran Pemko dan BP Batam.

“Ini tahun emas Kota Batam. Kita punya dua sumber anggaran; dari BP Batam dan Pemko Batam yang akan membangun Batam,” kata dia saat menghadiri Musrenbang di Bengkong Laut, Kamis(4/2/2021).


Kata dia, jika masih kurang, pembangunan akan diusulkan melalui anggaran Pemprov Kepri.

Semua pembangunan itu, kata dia, perlu dukungan semua masyarakat Batam.

“Untuk pembangunan sudah dibahas antara Pemko Batam dan BP Batam. Alhamdulillah semua anggaran diutamakan untuk membangun Batam agar berdampak positif bagi masyarakat dan investasi di Batam,” katanya.

Seorang warga menyampaikan usulan pembangunan kepada wakil Wali Kota Batam saat menghadiri Musrenbang tingkat kelurahan di Bengkong Laut. Foto: Pemko Batam

Ia meminta masyarakat memprioritaskan usulan yang berdampak kemaslahat banyak orang.

Pasalnya, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) terbatas, semua usulan belum dipastikan dapat diwujudkan.

“Ini penting saya sampaikan agar tidak ada informasi keliru dan bias pemahanan. Pasalnya, banyak yang menyampaikan, sudah dua tahun diusulkan tapi tak terwujud dan sebagainya,” katanya.

Ia meminta masyarakat legawa jika ada usulan masyarakat yang belum terwujud dan berpesan bagi RT dan RW yang mengusulkan di wilayahnya untuk mengedepankan kepentingan orang banyak agar program yang akan dilaksanakan bermanfaat.

“Kalau di tempat lain ternyata ada pembangunan lebih penting, jangan ngotot. Karena, keputusan yang akan diambil pasti berdasarkan pertimbangan yang matang,” kata Amsakar.

Ia memprediksi anggaran 2022 hanya Rp 3,1 triliun. Anggaran tersebut dinilai sangat sedikit jika harus mengakomodir semua usulan yang disampaikan.

Ia mengatakan, ada 1,3 juta warga yang harus dilayani di 64 kelurahan dan 12 kecamatan.

“Tapi, kalau memang usulan itu sangat penting dan anggaran mampu, yakinlah pasti akan terakomodir,” katanya.(*/esa)