batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) masih menunggu anggaran untuk pengadaan mesin Anjungan Disduk mandiri (ADM).

Melalui mesin ini, masyarakat bisa mencetak sendiri mulai dari e-KTP hingga Kartu Keluarga (KK).

Kepala Disdukcapil Batam, Heryanto Joesoef, mengatakan, untuk Batam saat ini masih mencetak di kantor kecamatan untuk mainland, dan di kantor Disdukcapil untuk hinterland.


Sedangkan untuk mencetak sendiri atau mandiri, belum bisa dilakukan karena alatnya belum ada.

”Saya tunggu informasi dari pihak provinsi. Kalau untuk saat ini pencetakan masih diakomodir sama petugas di kecamatan dan Disduk,” ujarnya, Jumat (5/2/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ilustrasi E-KTP. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Untuk sementara, pihaknya masih menuntaskan pencetakan e-KTP yang saat ini belum selesai. Untuk ketersedian blangko e-KTP, masih ada stok untuk saat ini.

”Masih ada keluhan dari masyarakat yang kesulitan untuk mencetak e-KTP. Namun, untuk blangko itu dari pusat, kalau kurang kami langsung jemput ke pusat,” terangnya.

Ia mengatakan, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi I dan camat se-Kota Batam, sudah disampaikan persoalan yang ada saat ini.

Mantan Camat Nongsa ini menargetkan, persoalan ini segera tuntas dalam waktu dekat ini.

”Blangko kalau sudah menipis, kami langsung ambil ke Jakarta. Seperti arahan pimpinan, persoalan ini harus cepat ditangani,” imbuhnya.(jpg)