batampos.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (9/2). Kunjungan ini pertama kalinya setelah Listyo Sigit dilantik sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

’’Saya selaku Kapolri baru wajib hukumnya bersilaturahmi ke KPK,’’ kata Listyo di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan), disambut Ketua KPK Firli Bahuri saat berkunjung ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (9/2). (KPK for JawaPos.com)

Kedatangan Listyo disambut hangat oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Dalam kesempatan itu, Listyo mengaku membahas sejumlah masalah krusial anatar Polri dan KPK, salah satunya melakukan penguatan di bidang sumber daya manusia (SDM). Dia juga memastikan bersama KPK akan mengawal agenda pemerintah.


’’Pemerintah dalam hal ini banyak melakukan kegiatan recofusing dalam rangka penanggulang Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Tentunya ini harus kita jaga agar bisa berjalan dengan baik dan kemudian program tersebut bisa tepat waktu, tepat sasaran dan tentunya kita kurangi risiko-resiko kebocoran yang ada,’’ tegas Listyo.

Dalam bidang penindakan, Polri bersama KPK akan memperkuat investigasi secara bersama-sama terkait kasus korupsi. Dia memastikan, Polri akan bersinergi dengan KPK dalam masalah pemberantasan korupsi.

’’Kegiatan di bidang penindakan tentunya kami sepakat melakukan sinegri dalam bentuk join investigas dan juga terkait masalah supervisi yang selama ini sering terjadi antara penegak hukum kan tentunya perlu ada kesepatakan,’’ ujar Listyo.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan, pihaknya menyambut baik kedatangan Kapolri Listyo beserta jajarannya. Dia mengharapkan, silaturahmi diharapkan bisa memperkuat kerja pemberantasan korupsi.

’’Hari ini kami sungguh berbahagia menerima kedatangan Kapolri, kedatangan Kapolri memang kita tunggu-tunggu terkait dengan bagaimana KPK dan Polri mempertahankan, memelihara, dan menindaklanjuti kerja sama dan sinergi untuk melakukan pemberantasan korupsi,’’ tandas Firli. (*/jpg)