Sabtu, 20 April 2024

Ini Gejala yang Paling Awal Muncul Jika Terinfeksi Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Seseorang yang terinfeksi Covid-19 bisa mengalami gejala atau tanpa keluhan. Dan masa inkubasi umumnya terjadi antara 2 hingga 14 hari setelah terpapar. Dan, selama periode ini, seseorang juga sepenuhnya mampu menyebarkan virus.

Maka, jika ada gejala, sebaiknya jangan diremehkan. Dilansir dari Eat This, Kamis (11/2), demam ternyata menjadi gejala paling awal yang muncul pertama kali jika seseorang terinfeksi Covid-19. Menurut penelitian di situs CDC, 80 persen orang yang terpapar dengan virus melaporkan demam. Dalam sebuah penelitian, demam menjadi gejala paling umum yang pertama kali dirasakan.

“Urutan ini sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu yang bertepatan dengan infeksi Covid-19,” kata salah satu penulis studi dan profesor kedokteran, teknik biomedis, dan dirgantara dan teknik mesin di USC Peter Kuhn, Ph.D.

“Memang, penting untuk diingat bahwa demam juga dapat menandakan berbagai kondisi kesehatan lainnya, mulai dari flu hingga infeksi,” tambahnya.

Kemudian gejala batuk juga dialami pasien Covid-19 namun tak sebanyak demam. Satu studi yang diterbitkan di situs CDC memperkirakan bahwa setidaknya 51 persen dari mereka yang terinfeksi virus mengalami batuk kering di awal infeksi.

Selain itu, demam atau batuk kemudian disertai dengan kelelahan serta kehilangan indera penciuman. The Mayo Clinic juga menunjukkan bahwa tingkat keparahan gejala Covid-19 dapat berkisar dari yang sangat ringan hingga yang parah.

“Beberapa orang mungkin hanya memiliki sedikit gejala, dan beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala sama sekali,” tulis mereka.

“Beberapa orang mungkin mengalami gejala yang memburuk, seperti sesak napas yang memburuk dan pneumonia, sekitar seminggu setelah gejala dimulai,” tambah pernyataan itu.(jpg)

Update