Jumat, 19 April 2024

Perusahaan Trump akan Bangun Atraksi Wisata Sekelas Universal Studio di Indonesia

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah telah menyetujui Kawasan MNC Lido City sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK Pariwisata). Kawasan ini rencananya akan dibangun destinasi wisata sekelas Disneyland dan dan Universal Studio.

MNC Lido City sendiri dikembangkan oleh PT MNC Land Tbk (KPIG) milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo yang menggandeng mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Kawasan wisata ini akan dikembangkan berbagai atraksi seperti taman bermain kelas dunia, lapangan golf, serta retail and dining, pengembangan akomodasi seperti resort bintang enam dan hotel berbintang lainnya, serta pengembangan TOD, dan pengembangan ekonomi kreatif seperti studio film dan festival musik.

Kehadiran theme park yang akan dibangun di dalam KEK Lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun. Devisa masuk dari wisman serta penghematan devisa keluar dari wisnus ditaksir bisa mencapai USD 4,1 miliar selama 20 tahun.

“KEK Lido diharapkan betul-betul bisa mendorong pariwisata di Indonesia. Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK Airlangga Hartarto dalam keterangannya seperti dikutip Senin (15/2).

Dalam mendukung kawasan pariwisata tersebut pemerintah memfasilitasi sejumlah insentif pajak. Insentif tersebut sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 237/PMK.010/2020 antara lain diberikannya insentif pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk dan pajak dalam rangka impor, cukai, serta berbagai kemudahan perizinan lainnya.

Pengusaha Harry Tanoesoedibjo saat ini sedang mengembangkan kawasan hunian, komersial, destinasi wisata dan resort terintegrasi seluas 3.000 hektar di Lido, Jawa Barat, yang berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta dan Banten, dikelilingi dengan lebih dari 70 juta penduduk.

Berlokasi sekitar 60 kilometer dari Jakarta, MNC Lido City dapat dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh satu jam dari Jakarta. Selain itu, perseroan juga bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun transit oriented development (TOD) sebagai sarana transportasi publik tambahan.(jpg)

 

Update