Kamis, 28 Maret 2024

Cuti Bersama 2021 Bakal Dikurangi

Berita Terkait

batampos.co.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi cuti bersama tahun 2021. Kemungkinan besar jumlah cuti bersama 2021 akan dikurangi.

Meskipun demikian, dia belum memastikan berapa hari jadwal cuti bersama itu akan dihapus. Pemerintah perlu menggelar rapat evaluasi libur dan cuti bersama 2021 bersama kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan pengurangan cuti bersama.

“Insya Allah minggu depan kita evaluasi, kemungkinan besar akan kita kurangi cuti bersamanya. Kita bicara dulu dengan kementerian terkait. Ada Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), ada Menaker (Menteri Ketenagakerjaan) ada Menag (Menteri Agama). Terutama yang berkaitan dengan libur keagamaan,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (17/2).

Hal ini dilakukan, sebab kasus Covid-19 cenderung meningkat saat memasuki libur panjang. Namun, penularan virus bukan hanya disebabkan libur panjang, faktor lain pun turut mempengaruhi. “Ada kecenderungan begitu (kasus Covid-19 meningkat). Jadi setiap ada libur panjang. Ada kenaikan kasus, walaupun itu juga tidak variabel tunggal. Ada banyak faktor,” jelasnya.

Sebelumnya, wacana evaluasi cuti dan libur bersama sepanjang tahun 2021 telah dilontarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Dia mengusulkan libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah hingga libur Tahun Baru 2022 diperpendek. Hal itu bertujuan untuk meminimalisasi penularan virus saat musim libur panjang tiba.

”Kami usulkan supaya tidak ada H-5, H+5 atau H-10, H+10. Diperpendek dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Tjahjo dalam acara Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri yang disiarkan virtual Selasa (16/2). (*/jpg)

Update