batampos.co.id – Sejumlah warga mengeluhkan pelayanan
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disducapil)
Kota Batam.

Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir, warga tak bisa melakukan perekaman e-KTP, surat akta kematian, pembuatan Kartu Keluarga maupun administrasi lainnya.

“Sudah hampir seminggu ini tak bisa diakses,” ujar Andika, warga Batuaji, Rabu (17/2/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.


Menurut Andika, berdasarkan informasi yang ia dapatkan, lumpuhnya pelayanan pembuatan dokumen kependudukan di Disdukcapil ini disebabkan adanya kerusakan pada server.

Akibatnya, masyarakat yang menyerahkan berkas harus pulang, tanpa membawa KTP, KK dan kartu identitas yang diinginkan.

Ilustrasi. Warga Kota Batam mengatre untuk mendapatkan pelayanan adminstrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan Kota Batam. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

“Katanya, besok datang lagi, pas datang server masih bermasalah,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan Imron, warga Tiban, Sekupang. Ia mengaku kesal karena tidak adanya pemberitahuan kerusakan server tersebut.

Sehingga, ia dan warga lain harus berulang kali datang ke
kantor Disdukcapil.

“Harusnya diberi tahu, jadi kami enggak tiap hari datang ke sini,” kesalnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Batam, Wendy, mengatakan, memang sempat ada sedikit keterlambatan proses (loading) karena sistem mengalami peningkatan atau update, sehingga tim teknis melakukan sedikit pemeliharaan pada server jaringan.

“Terlambat karena ada pemeliharaan,” katanya.

Namun, ia menyebut saat ini server dan pengelolaan informasi dan administrasi kependudukan sudah berjalan normal kembali.

Begitu juga pengurusan identitas saat ini juga sudah berjalan
normal.

“Alhamdulillah sudah normal,” pungkasnya.(jpg)