Rabu, 24 April 2024

Vaksinasi Nakes di Anambas Capai 89 Persen

Berita Terkait

Dewan Sepakat Revisi UU Pemilu

Sikap PDIP Tunggu Rakernas

batampos.co.id – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama kepada tenaga kesehatan (nakes) di daerah ini. Target sasaran vaksinasi itu berjumlah 903 orang dan capaian cakupan sudah 89 persen.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, Baban Subhan, mengatakan pemberian vaksin dosis pertama terhadap nakes daerah ini sedang berlanjut bersamaan dengan dosis kedua yang dijadwalkan selesai pada awal bulan Maret mendatang.

“Namun dosis pertama yang divaksin itu sampai tanggal 17 Februari 2021 berjumlah 699 dosis atau sudah mencapai cakupan 89 persen,” jelas Baban Subhan, Jumat (19/2/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, Baban Subhan, Jumat (19/2/2021). (Foto: Faidillah/batampos.co.id)

Masih kata Baban Subhan, dari 699 dosis ini ada sekitar 81 dosis lagi sisanya. Kemudian yang tunda sekitar 39 dosis. Sementara itu sekitar 40 lebih lagi dosis yang akan diberikan.

Dia mengungkapkan, tenaga kesehatan (nakes) yang tidak bisa dilakukan vaksinasi dikarenakan memiliki penyakit penyerta (komorbid), penyintas Covid-19, ibu hamil, ibu menyusui, dan kondisi lainnya sesuai hasil skrining dari tim medis atau vaksinator.

“Vaksin dosis pertama terhadap nakes masih tetap berlanjut sebab yang komorbid tersebut itu sudah bisa dilakukan setelah surat edaran itu keluar,” sebutnya.

Saat ini pihaknya sedang berupaya memberikan vaksin dosis pertama yang sempat ditunda atau batal akibat komorbid.

Sedangkan vaksinasi tahap kedua terhadap TNI-polri dan penjabat publik saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan akan menunggu informasi selanjutnya dari pemerintah.(fai)

Update