batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menyelesaikan tahapan akhir Pilkada Kepri dengan menetapkan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina (AMAN) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri lewat rapat pleno yang digelar di Hotel CK, Tanjungpinang, Minggu (21/2). Sementara itu, DPRD Provinsi Kepri menjadwalkan paripurna pengusulan pelantikan besok, Selasa (23/2).

Meskipun dinyatakan sebagai Gubernur Kepri terpilih, Ansar Ahmad tidak terlihat menghadiri rapat pleno tersebut. Hanya terlihat Marlin Agustina yang ditemani suaminya, Muhammad Rudi. Sedangkan Ansar mengirim Ketua Tim Suksesnya, Ade Angga untuk mengikuti prosesi yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati tersebut.

“KPU Provinsi Kepri baru hari ini (kemarin,red) dapat melakukan rapat pleno penetapan Gubernur Kepri dan Wakil Gubernur Kepri terpilih. Karena setelah pleno rekapitulasi, hasil Pilkada Kepri bergulir ke Mahkamah Konstitusi (MK),” ujar Sriwati usai sidang pleno, kemarin.


Menurut Sriwati, hari ini KPU Provinsi Kepri akan menyampaikan usulan pengesahan bagi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih ke DPRD Provinsi Kepri. Ditegaskannya, setelah penyerahan usulan tersebut, tugas KPU Provinsi Kepri untuk Pilkada Kepri berakhir. Selanjutnya menjadi ranah dari DPRD Provinsi Kepri bersama Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah bahu membahu untuk menyelesaikan tahapan Pilkada Kepri sampai hari ini (kemarin,red),” jelas Sriwati.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro mengatakan dari informasi yang ia dapatkan, DPRD Kepri akan menggelar sidang paripurna pengesahan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih. Sehingga apbila tidak ada halangan, Pemprov Kepri akan menyampaikan usulan pelantikan ke Mendagri keesokan hari ini.

“Semakin cepat kita sampaikan ke Mendagri, tentu semakin baik. Sehingga Mendagri juga bisa meneruskan ke Presiden. Setelah ini kita harapkan tidak ada lagi sekte-sekte yang disebabkan politik, saatnya bersatu kembali untuk pembangunan Kepri kedepan menjadi lebih baik,” ujar Suhajar Diantoro.

Sebelumnya, lewat Rapat Pleno Rekapitulasi Pilkada Kepri, KPU Kepri telah menetapkan paslon nomor urut 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustina, sebagai pemenang Pilkada Gubernur Kepri dan Wakil Gubernur Kepri dengan meraih dukungan sebanyak 308.553 suara atau sebesar 39,97 persen. Disusul paslon nomor urut 02, Isdianto-Suryani, dengan perolehan 280.160 suara, dan paslon nomor urut 1, Soerya-Iman, meraih dukungan 183.317 suara. (*/jpg)