batampos.co.id – Pemko Batam melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, kembali mengusulkan kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk tahun 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, pengajuan formasi CPNS tahun 2021 itu telah dilakukan beberapa bulan lalu.

Dimana, untuk CPNS yang diajukan itu mayoritas untuk tenaga medis dan guru atau tenaga pendidik.


”Formasinya sudah sampai di Jakarta di tahun 2020 kemarin, yang banyak itu guru dan tenaga medis dan tenaga fungsional di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait teknis itu,” kata Jefridin, seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ilustrasi. PNS Pemko Batam. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Ia menjelaskan, formasi yang diajukan cukup banyak. Dimana, pihaknya melanjutkan kebutuhan pegawai dengan melanjutkan formasi yang belum terpenuhi dalam seleksi di tahun 2020 lalu.

Kemudian, ditambah dengan jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun.

”Kita hitung juga dengan yang pensiun. Untuk yang pensiun, kemarin di bulan Januari 9 orang. Tiap tahun itu ada. Teknisnya yang tahu di BPKSDM. Saya tak hapal angka formasinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Batam, Hasnah, mengatakan, Pemko Batam telah mengusulkan 445 formasi CPNS dan 2.821 formasi untuk PPPK.

Pengajuan tersebut berdasarkan pengkajian kebutuhan pegawai di lingkungan Pemko Batam.

”Untuk yang pensiun tahun 2020 kemarin, 116 orang. Rinciannya, BUP (Batas Usia Pensiun) 85 orang, APS (pensiun Atas Permintaan Sendiri) enam orang, dan janda atau duda 25 orang,” katanya.

Sementara itu, untuk jumlah pegawai yang pensiun hingga bulan Februari 2021 ini, sebanyak 25 orang. Dengan rincian, BUP sebanyak 22 orang, APS satu orang. Serta, janda atau duda dua orang.(jpg)