batampos.co.id – Penjabat Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro mengatakan apa yang menjadi tanggung jawab di daerah terkait tahapan akhir pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih, segera diselesaikan.

Ia menargetkan, pada pertengahan pekan depan usulan tersebut sudah sampai ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ada beberapa pekerjaan di daerah yang harus segera kita selesaikan. Pertama pleno penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, kedua paripurna penetapan oleh DPRD Provinsi Kepri,” ujar Suhajar Diantoro usai rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Provinsi Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (19/2) lalu.


PenJabat Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro memimpin rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Jumat (19/2).
(Foto:Humas Pemprov)

Menurut Suhajar, salah satu persoalan yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah persiapan pleno penetapan gubernur Kepri dan wakil gubernur Kepri definitif.

Masih kata Suhajar, dalam rapat pihaknya membahas beberapa persoalan. Salah satunya adalah menyelesaikan tahapan akhir pesta demokrasi. Masalah ini merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Dijelaskannya, itu merupakan salah pekerjaan yang harus ia kawal sampai berakhir dilantiknya gubernur dan wakil gubernur Kepri terpilih. Dikatakannya, dari penjelasan yang ia terima, KPU Provinsi Kepri menggelar rapat pleno pada Minggu, 21 Februari 2021.

Kemudian ia mengharapkan, DPRD Provinsi Kepri dapat melaksanakan tugasnya setelah adanya keputusan dari KPU Kepri.

“Target kita pada pekan depan, urusan kita di daerah selesai. Selanjutnya, menjadi tanggung jawab Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyapaikan kepada Presiden. Sehingga Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) bisa segera menjadwalkan pelantikan, setelah adanya persetujuan dari Presiden,” jelas Suhajar.

Mantan Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tersebut juga mengharapkan, sinergi semua pihak di daerah, baik itu TNI-Polri dalam mengawal dan mengamankan tahapan akhir yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan. Selain itu, Suhajar juga mengaku mendapatkan tugas untuk mengawal proses vaksinasi Covid-19 berjalan dengan baik.

“Di samping memastikan proses akhir pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, beserta bupati dan wakil bupati, dan wali kota dan wakil wali kota tuntas. Saya juga mendapatkan tanggung jawab untuk mengawal proses vaksinasi Covid-19 di Kepri terlaksana dengan baik,” tutup Suhajar yang pernah duduk sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri tersebut.

Dalam rapat bersama Forkominda Provinsi Kepri tersebut, selain TNI-Polri, juga ada Badan Intelijen Daerah (Binda), KPU Provinsi Kepri. Sedangkan dari DPRD Provinsi Kepri dihadiri Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kepri, Raden Hari Tjahyono.(*/jpg)