batampos.co.id – Webinar Zoom Bersama ATB (ZoomBA) kembali hadir, setelah menuai kesuksesan hingga ZoomBA ke 12. Kali ini, ZoomBA episode 13 akan membahas mengenai Frontliner pintar, era digital. Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus akan menjadi narasumbernya.

ZoomBA kali ini akan dilaksanakan pada Rabu (24/2/2021), pada pukul 14.00 WIB. Live Zoom bersama ATB ini akan diikuti eksklusif untuk 50 orang peserta.

“Peserta kami batasi sebanyak 50 orang dengan maksud agar peserta juga bisa lebih leluasa untuk berinteraksi,” jelas Maria Jacobus.

Maria akan lebih banyak bicara mengenai kepiawaian yang harus dimiliki oleh seorang frontliner dalam ZoomBA kali ini. Menurutnya, frontliner atau staff garda depan pelayanan harus adaptif terhadap perubahan, karena konsep pelayanan pelanggan yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Di era digital ini, kepuasan pelanggan juga turut mengalami pergeseran besar. Dengan hadirnya teknologi, pelanggan semakin sulit untuk mencapai titik puas.

“Pelanggan mengharapkan respon cepat, baik dalam menyampaikan keluhan, mengakses informasi, atau melakukan transaksi,” tambah Maria.

Pelanggan kini jauh berbeda dan unik. Ekspektasi terhadap sebuah layanan menjadi lebih tinggi dan sangat pemilih.

Hal ini tentunya perlu disikapi secara komprehensif oleh perusahaan dan khususnya bagian customer relation.

“Kompetisi bisnis semakin ketat. Faktor pelayanan prima menjadi harga mutlak. Jika perusahaan gagal menyesuaikan diri, maka akan ada konsekuensi berat yang menanti. Dan ini harus dimulai dengan mendidik frontliner yang cerdas,” jelas Maria.

Head Of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus saat pelaksanaan Zoom bersama ATB (ZoomBA) beberapa waktu lalu. Foto: ATB untuk batampos.co.id

Melalui ZoomBA, Maria akan membagikan beberapa jurus jitu untuk para frontliner dan bagian pelayanan agar lebih adaptif dalam mengikuti perkembangan zaman.

Pengalaman puluhan tahun dalam bisnis pelayanan publik bersama ATB akan menjadi senjata andalan Maria dalam program ZoomBA kali ini.

“Kami di ATB telah melalui berbagai fase perubahan dalam pelayanan. Dari sistem manual hingga kini telah menerapkan pelayanan berbasis sistem informasi teknologi terintegrasi. Istilahnya kami bukan sekedar ngomong doang, tapi asam garam pelayanan sudah menjadi bagian dari perjalanan kami,” imbuh Maria.

Pengalaman ATB ini terbukti mampu membuat kepuasan pelanggan ATB tetap terjaga dengan baik. Hal ini dibuktikan ketika Grup Riset Pasar dan Informasi Pasar Kantar Taylor Nelson Sofres (TNS) menggelar riset di Batam.

Lembaga ini menyandingkan ATB dengan 3 perusahaan lain. ATB mengumpulkan point tertinggi untuk hampir semua variabel survei.

TNS menyebut ATB sebagai perusahaan yang paling tinggi dalam mengutamakan kepuasan pelanggan ketimbang 3 perusahaan lainnya.

Dari hasil kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction Index), tingkat kepuasan pelanggan ATB ada di skor indeks 71. Lebih tinggi dari rata-rata skor indeks perusahaan utilitas di Asia.

“Jadi tunggu apa lagi? Customer service, sales force, marketing dan staff yang berhubungan dengan pelayanan harus ikut acara ZoomBA ini. Saya akan bedah dalam 2 jam, apa saja yang harus seorang dilakukan frontliner pintar dalam bisnis pelayanan,” ajak Maria.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 08127000271 (Emil Tesra) / 08117005637 (Arif Junaedy).(*)