batampos.co.id – DPRD Provinsi Kepri resmi menerima salinan Berita Cara Pentepan Gubernur Kepri dan Wakil Gubernur Kepri terpilih. Berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kepri, hari ini, Selasa (23/2) dilaksanakan sidang paripurna pengusulan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri periode 2021-2024

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan setelah KPU Kepri menyerahkan salinan berita acara penetapan hasil gubernur dan wakil gubernur terpilih, Senin (22/2/), DPRD Provinsi Kepri langsung menggelar rapat Banmus DPRD Kepri.

Hasil dari Rapat Banmus, menetapkan Selasa (23/2) pagi jam 10.00 Wib, digelar paripurna pengumuman pengusulan, pengesahan, dan pengangkatan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih, masa jabatan 2021-2024.


”Rapat Banmus dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kepri Dewi Kumalasari dan sejumlah anggota Banmus lainya. Dan sudah ditetapkan jadwalnya besok (hari ini, red),” ujar Jumaga, kemarin.

Politisi PDI Perjuangan tersebut menjelaskan, hasil paripurna tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Pemprov Kepri untuk dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pihaknya berharap, proses pelantikan bisa segera oleh Presiden. Mengingat kondisi daerah masih dalam situasi pandemi, sehingga perlu ada kebijakan-kebijakan strategis dari gubernur defenitif.

“Kita berharap tentu proses pelantikan disegerakan. Namun terpulang kepada Presiden, karena prosesi pelantikannya akan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Widiyono Agung mengatakan pihaknya telah menyerahkan salinan Surat Keputusan (SK) hasil pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada DPRD Kepri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Dalam penyerahan salinan berita acara tersebut di DPRD Kepri, kata Agung, diterima oleh Wakil Ketua I DPRD Kepri, Dewi Kumalasari. Sedangkan di Pemprov Kepri, yang menerima langsung Penjabat (Pj) gubernur Kepri, Suhajar Diantoro.

Selanjutnya adalah menunggu jadwal dari DPRD Kepri untuk paripurnanya. Dijelaskannya, bahwa setelah paripurna telah dilakukan,nantinya tahapan selanjutnya Pemprov Kepri menyurati Kemendagri. Menurutnya, tugas dan tanggung jawab KPU Provinsi Kepri sudah selesai. Karena tahapan terakhir adalah pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur Kepri terpilih.

”Setelah itu tinggal menunggu jadwal kapan pelantikan akan dilakukan. Mengenai hal ini, menjadi ranahnya Pemprov Kepri untuk menyampaikan usulan tersebut ke Kementerian Dalam Negeri,” jelas Agung.(*/jpg)