batampos.co.id – Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Marlin Agustin dijadwalkan akan dilantik Presiden Joko Widododi Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2) pagi. Selain Kepri, Presiden juga akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dan Bengkulu yang terpilih dalam Pilkada Desember lalu.

“Info ini baru saya terima. Insya Allah besok Presiden berkenan melantik Gubernur terpilih Kepri, Sumbar dan Bengkulu. Dan para Sekda agar menyampailan segera informasi ini kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih agar berangkat ke Jakarta sore ini,” kata Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik, ketika memimpin video conference dari Jakarta, Rabu (24/2).

Rapat yang dihadiri Sekdaprov TS Arif Fadillah itu, tentang koordinasi pemantapan pelaksanaan pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota hasil Pilkada serentak 2020. Dirjen Otda disela memimpin rapat meminta jeda dan menyampaikan informasi penting yang baru dia terima dari Istana Negara. Info itu menyangkut kesiapan Presiden melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Sumbar dan Bengkulu (besok pagi) pukul 9.30 WIB di Istana Negara.


“Pelantikan dijadwalkan jam 9.30 WIB. Sekali lagi agar segera diinformasikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih,” kata Akmal.

Sebelumnya, lewat sidang paripurna, Selasa (23/2) DPRD Provinsi Kepri mengesahkan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai gubernur Kepri dan wakil gubernur Kepri terpilih periode 2021-2024 mendatang.

Sementara itu, Pemprov Kepri segera menyampaikan keputusan paripurna tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dan didampingi Wakil Ketua I, Dewi Kumalasari, Wakil Ketua II, Raden Hari Tjahyono dan Wakil Ketua III, Tengku Afrizal Dahlan. Selain itu juga dihadiri pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri, KPU dan Bawaslu Kepri.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak saat memimpin rapat paripurna mengatakan DPRD Kepri mengesahkan pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai gubernur dan wakil gubernur Kepri terpilih, dan akan segera mengusulkan jadwal pelantikan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri. Sehingga segera mendapatkan Surat Keputusan (SK) oleh Kemendagri.

”DPRD mengusulkan pengangkatan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2021-2024,” ujar Jumaga.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kepri, TS. Arif Fadillah mengatakan, usulan pelantikan ini langsung disampaikan ke Kemedagri sore kemarin. Menurut Arif, ia mengantarkan langsung usulan tersebut dengan bertolak ke Jakarta melalui Bandara Hang Nadim, Batam.

“Kita berharap, pelantikan bisa disegerakan. Target kita awal Maret pelantikan gubernur Kepri dan wakil gubernur Kepri sudah ada kabar baiknya,” ujar Arif Fadillah.(*/jpg)