batampos.co.id – Pemprov Kepri berencana segera menggunakan alat tes Covid-19 genose untuk keberangkatan penumpang dari pelabuhan di Kepri. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan saat ini Pemprov belum dapat bantuan genose dari pusat.

Pihaknya berencana akan membeli alat itu melalui rumah sakit dan mendorong Kimia Farma untuk diterapkan di pelabuhan. ”Belum dapat, kami sekarang baru mau beli, rumah sakit yang beli itu,” kata Arif, Selasa (23/2).

Arif menilai saat ini penumpang di kapal masih banyak yang kurang disiplin dan rendahnya kesadaran dalam menjaga jarak. Dengan penggunaan genose itu lebih meyakinkan bahwa penumpang yang berangkat dalam keadaan sehat.


”Inshaallah akan kita tindaklanjuti, seperti yang diterapkan di kereta api di Jakarta,” ujarnya.

Tidak hanya untuk keberangkatan, lanjut Arif jika alat genose sudah tersedia juga akan digunakan untuk persiapan kegiatan dengan jumlah lebih dari 100 orang. Tujuannya agar semua sehat, apalagi waktu pemeriksaan menggunakan alat itu tidak lama.

”Kita dorong pakai genose, karena nggak lama 15 menit bisa selesai, biaya juga lebih murah,” ucapnya.

Kata Arif, pihaknya juga sudah bertemu dengan General Manager (GM) Kimia Farma dan sudah menyampaikan kesediaannya terkait rencana itu. Jika sudah mulai digunakan, penumpang di kapal juga lebih nyaman. ”Kita sudah panggil mereka dan minta segera dilakukan,” kata Arif.(*/jpg)