Jumat, 29 Maret 2024

Kelompok Lansia Jadi Prioritas Program Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, golongan masyarakat lanjut usia (lansia) dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Karena risiko kematian dan kesakitan akibat terinfeksi Covid-19 pada golongan umur tersebut meningkat 20-30 persen.

ā€œSehingga kelompok lansia, jadi salah satu prioritas bersama dengan petugas pelayanan publik di tahap ini,ā€ kata Siti dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Siti menjelaskan, pendaftaran vaksinasi bagi lansia ada dua mekanisme. Pertama melalui website www.kemenkes.go.id untuk melakukan pendaftaran. ā€œUntuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi,ā€ ujar Siti.

ā€œKemudian mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat. Pekan depan sebagian wilayah sudah bisa mulai vaksinasi ini,ā€ beber Siti.

Siti menegaskan, langkah yang dilakukan pemerintah ini didukung pula oleh ketersediaan dan distribusi vaksin. Menurutnya hal ini merupakan perkembangan yang baik, karena program vaksinasi sudah masuk tahap kedua.

ā€œBio Farma terus mendukung program pemerintah dengan mendatangkan 25 juta dosis vaksin yang telah kami proses. Februari ini kita siap 7,5 juta dosis dan bulan Maret kita persiapkan sekitar 11,4 juta, sehingga tidak ada kendala dari ketersediaan produk,ā€ bebernya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) telah menerbitkan surat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Sinovac bagi golongan lansia. BPOM menegaskan, vaksin Sinovac telah melewati kajian panjang untuk didistribusikan ke masyarakat.

ā€œVaksin ini pun sudah melewati kajian ilmiah, Hasilnya terbukti baik sehingga Badan POM memberikan izin penggunaan darurat, termasuk kepada lansia. Jadi masyarakat jangan khawatir, ini aman digunakan untuk lansia,ā€ pungkasnya.(jpg)

Update