batampos.co.id – Lewat sidang paripurna, Selasa (23/2) DPRD Provinsi Kepri mengesahkan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai gubernur Kepri dan wakil gubernur Kepri terpilih periode 2021-2024 mendatang.

Sementara itu, Pemprov Kepri segera menyampaikan keputusan paripurna tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dan didampingi Wakil Ketua I, Dewi Kumalasari, Wakil Ketua II, Raden Hari Tjahyono dan Wakil Ketua III, Tengku Afrizal Dahlan. Selain itu juga dihadiri pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri, KPU dan Bawaslu Kepri.


Dalam rapat paripurna tersebut, selain dihadiri anggota DPRD Kepri juga dihadiri pasangan gubernur dan wakil gubernur Kepri terpilih, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina.

Kemudian dari Pemprov Kepri dihadiri langsung Penjabat Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS. Arif Fadillah.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak saat memimpin rapat paripurna mengatakan DPRD Kepri mengesahkan pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai gubernur dan wakil gubernur Kepri terpilih, dan akan segera mengusulkan jadwal pelantikan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri. Sehingga segera mendapatkan Surat Keputusan (SK) oleh Kemendagri.

”DPRD mengusulkan pengangkatan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2021-2024,” ujar Jumaga.

Politisi PDI Perjuangan tersebut memberikan apresiasi kepada KPU Kepri yang telah melaksanakan Pilkada dengan baik. Termasuk juga, TNI dan Polri serta Bawaslu yang telah mengamankan kontestasi tersebut. Tahapan demi tahapan dapat diselesaikan dengan baik.

”Kita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kepri yang telah memberikan hak suaranya pada Pilkada 2020. Apalagi tingkat partisipasi pada Pilkada 2020 lalu jauh lebih baik dibandingkan Pilkada lima tahun yang lalu,” jelasnya.

Di samping itu, Jumaga juga mengucapkan terimakasih kepada kedua paslon lainnya, Soerya Respationo-Iman Sutiawan, dan Isdianto-Suryani. Menurutnya, keempat tokoh tersebut merupakan putra dan putri terbaik Kepri.

Penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Soerya Respationo, Iman Sutiawan, dan Isdianto, serta Suryani yang telah mengukir sejarah demokrasi di Provinsi Kepri. Dan memberikan pelajaran demokrasi bagi generasi penerus pembangunan.

“Harapan kita tentunya, dengan dilantiknya gubernur Kepri dan wakil gubernur Kepri terpilih, segera bekerja untuk pembangunan Provinsi Kepri semakin baik,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kepri, TS. Arif Fadillah mengatakan, usulan pelantikan ini langsung disampaikan ke Kemedagri sore kemarin. Menurut Arif, ia mengantarkan langsung usulan tersebut dengan bertolak ke Jakarta melalui Bandara Hang Nadim, Batam.

“Kita berharap, pelantikan bisa disegerakan. Target kita awal Maret pelantikan gubernur Kepri dan wakil gubernur Kepri sudah ada kabar baiknya,” ujar Arif Fadillah.(*/jpg)