batampos.co.id – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku mesti ‘turun gunung’ untuk menyelamatkan partai yang didirkannya dan mengantarnya menjadi Presiden dua periode. Meskipun ia tidak ingin disibukan lagi dalam kegiatan partai.

“Menghadapi gerakan ini sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat saya harus turun gunung dengan penuh rasa tanggung jawab dan kecintaan mendalam terhadap Partai Demokrat,” ujar SBY dalam keterangannya, Kamis (25/2).

SBY juga menuturkan telah mendapatkan informasi soal masih adanya upaya kudeta terhadap sang anak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari Ketua Umum Partai Demokrat. Karena dari polanya, SBY berujar bahwa gerakan kudeta tersebut sudah terencana dengan bergerak secara sembunyi-sembunyi untuk melengserkan AHY dengan cara ilegal.


“Saya telah mendapatkan laporan resmi dari pimpinan partai dan juga mendapatkan informasi dari daerah bahwa segelintir kader dan mantan kader pelaku itu masih bergerak di lapangan, sembunyi-sembunyi, kucing-kucingan. Berarti gerakan ini masih ada,” katanya.

SBY menyebut kudeta tersebut sudah menyasar ke DPC dan DPD Partai Demokrat dengan sejumlah janji-janji manis oleh oknum tersebut.

Bahkan menurut SBY, oknum tersebut menebarkan fitnah kepada para Ketua DPC dan DPD akan dicopot jika tidak ikut serta dalam gerakan kudeta terhadap AHY ini.

“Para pelaku gerakan itu menghasut dan mengadu domba antara pimpinan DPP Partai Demokrat dengan para ketua DPD dan ketua DPC, dengan memainkan isu bahwa dalam musda dan muscab mendatang mereka akan diganti,” katanya.

Oleh sebab itu isu yang dihembuskan oleh oknum tersebut tidak benar adanya. Sehingga Presiden Indonesia ke-6 ini mengeluhkan adanya gerakan pengambil alihan kepemimpinan Partai Demokrat dengan cara ilegal.

“Sejumlah fitnah dan isu juga terus diembuskan di daerah-daerah dan semuanya tidak benar, dan pada saatnya akan dapat dijelaskan secara gamblang dan akuntabel,” ungkapnya.

SBY juga meminta kepada seluruh kader Partai Demokrat untuk tidak termakan rayuan dan fitnah oknum yang mengatasnakan partai berlogo bintang mercy ini. “Jadi jangan mau diperdaya dan ditipu akal busuk mereka,” tegasnya.(jpg)