batampos.co.id – Ansar Ahmad dan Marlin Agustina akhirnya resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau periode 2021 – 2024 usai dilantik hari ini, Kamis (25/2). Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Usai pelantikan, Gubernur Ansar Ahmad menyatakan dalam membangun Kepri kedepan ia bersama Marlin Agustin akan fokus atau prioritas pada dua hal. Pertama penanganan Covid-19, sebab pandemi Covid-19 harus ditangani secara serius agar berbagai aktivitas sosial dan ekonomi berjalan dengan baik. Kedua, fokus melakukan pemulihan ekonomi, di mana Kepri pernah mengukit pertumbuhan ekonomi 8 persen di masa lalu.

“Batam menjadi lokomotif ekonominya. Karena covid ini, yang mana sebagian besar ekonomi kita berorientasi ekspor dan pariwisata, maka saat ini kita mengalami penurunan ekonomi secara signifikan,” ujar Ansar yang didampingi Wakil Gubernur Marlin Agustina di Istana Negara.


Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau periode 2021 – 2024. (istimewa)

Maka itu, lanjut Ansar, ia bersama Wakil Gubernur dan para stakeholder di Kepri akan berusaha secepat mungkin melakukan usaha-usaha pemulihan ekonomi. Pertama, dengan membangun sub sistem birokrasi atau layanan birokrasi yang baik. Kemudian memberikan relaksasi-relaksasi sebagai insentif bagi investor di Kepri.

“Sejalan dengan semangat pemerintah pusat yang telah memberikan berbagai relaksasi investasi dan menyambut UU Cipta Kerja, kita juga di daerah melakukan hal yang sama. Agar kita lebih cepat melakukan pemulihan ekonomi dengan mengundang investasi sebanyak-banyaknya ke Kepri,” papar Ansar.

Lebih lanjut Ansar mengatakan, berbicara ekonomi juga berbicara eksistensi UMKM, kemudian program kemitraan antara UKM dan usaha menengah dan besar, itu fokus akan dilakukan secara intensif. (*/uma)