batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Pilkada 2020 pada hari ini, Kamis (25/2). Acara itu digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Ketiganya adalah Gubernur-Wakil Gubernur Sumatra Barat yang akan dilantik adalah Mahyeldi dan Audy Joinaldy. Kemudian, Gubernur-Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, dan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah-Rosjonsy.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Gubernur sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalanan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti pada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata ketiga Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut saat membacakan sumpah.


Pelantikan Gubernur Kepri
Ansar Ahmad dan Marlin Agustina akhirnya resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau periode 2021 – 2024 usai dilantik Presiden Jokowi Kamis (25/2). (youtube)

Setelah proses pelantikan tersebut, Presiden Jokowi beserta Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada tiga Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih.

Diketahui KPU Sumatera Barat dan DPRD sudah menetapkan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi pemenang Pilgub Sumbar 2020. Pasangan diusung koalisi PKS dan PPP ini meraih sebanyak 726.853 suara.

Kemudian, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri yang akan dilantik yaitu Ansar Ahmad dan Marlin Agustina. Pasangan itu diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pasangan calon nomor Ansar Ahmad-Marlin Agustina mendapatkan perolehan sebesar 234.196 suara.

Lalu, Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang akan dilantik yakni pasangan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah. Di Pilkada 2020 mereka mengantongi perolehan suara sebesar 418.080 suara dengan persentase 41,20 persen dari total suara sah. Pasangan ini diusung oleh PKS, PPP, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDIP. (*/jpg)