batampos.co.id – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan pangan Ramadan dan hari raya Idul Fitri tahun ini. Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi mengatakan, dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan menjaga stok kebutuhan pokok Ramadan dan Lebaran, pihaknya telah memberikan sejumlah izin untuk impor.

“Kami sudah kerja untuk memastikan kecukupan dari bahan pokok dan bahan penting tersebut,” ujarnya dalam teleconferece, Kamis (25/2).

Lutfi memaparkan, sejumlah komoditas yang sudah mengantongi izin impor diantaranya gula, daging sapi, daging kerbau, serta beras. “Saya sudah perintah untuk yang impor-impor, sudah,” imbuhnya.


Meskipun demikian, dirinya masih belum dapat untuk menyebut jumlah, harga, serta waktu kedatangan komoditas impor tersebut. Sebab, hal tersebut merupakan hal yang sensitif.

“Ada di kantong saya, karena itu sensitif dan saya yakin bahwa kita akan melampaui Lebaran ini dengan baik,” ungkapnya.

Lutfi mengatakan, pemenuhan kebutuhan melalui impor dilakukan dengan tujuan menjaga stabilitas harga di pasar. Dia mengaku, telah memikirkan keseimbangan pasokan dan permintaan sejak dilantik kembali sebagai Menteri Perdagangan.

“Mudah-mudahan di harga yang semakin naik ini, impor-impor tersebut sudah beres,” pungkasnya.(jpg)