Kamis, 25 April 2024

Kecamatan Batuampar Jadi Zona Hijau

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Batam memang masih bertambah, namun trennya tak lagi naik signifikan. Buktinya, satu per satu wilayah yang sebelumnya zona merah, perlahan beralih menjadi oranye, lalu kuning dan ada yang jadi zona hijau.

Tercatat, hingga Kamis (25/2/201), empat kecamatan di Batam sudah jadi zona hijau. Tiga kecamatan itu berada di hinterland (pesisir) dan satu kecamatan di mainland (perkotaan) Batam.

Satu kecamatan di mainland adalah Batuampar. Sementara, tiga kecamatan di hinterland yakni Belakangpadang, Bulang dan Galang. Sedangkan satu kecamatan masih berzona merah yakni Batam Kota.

Sedangkan Lubukbaja sampai hari ini masih berstatus oranye dan enam kecamatan lain zona kuning.

Peta penyebaran Covid-19 di Kota Batam hingga Kamis (25/2/2021).

”Batuampar saat ini sudah zona hijau, seiring berkurangnya kasus baru di wilayah tersebut,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (26/2/2021) seperti yang diberitakan di Harian Batam Pos.

Sementara itu, berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Batam, ada penambahan enam kasus baru. Satu di antaranya, kasus terkonfirmasi bergejala dan lima kasus terkonfirmasi tanpa gejala.

Artinya, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Kota Batam mencapai 5.864 orang. Dari jumlah ini, 5.632 di antaranya dinyatakan sembuh dan 151 orang lainnya meninggal dunia.

”Yang dirawat 81 orang,” tambah Didi.

Berdasarkan data ini, tingkat kesembuhan mencapai 96,04 persen. Dengan tingkat kematian 2,5 persen dan tingkat kasus aktif sebesar 1,3 persen.

Hingga kini, Satuan Tugas penanganan Covid-19 Kota Batam telah memeriksa 25.980 RT PCR, dengan hasil 20.089 negatif dan 5.864 lain positif,
sedangkan 27 sampel lain on proses.

Sementara bila melihat jumlah yang sudah di-rapidtest mencapai 34.508 orang dengan hasil rapid test reaktif berjumlah 2.588 orang.
Bila berdasarkan kelompok umur, usia 26 sampai 35 tahun masih jadi usia tertinggi kasus Covid-19 di Batam.

Disusul usia 36-45 tahun dan usia 17 tahun sampai 25 tahun. Sementara itu, pasien yang masih mendapat perawatan tercatat, ada tiga pasien di
Kecamatan Sekupang, Batuaji tiga orang, Sagulung 10 orang, Seibeduk sembilan orang.

Bengkong dengan delapan orang, Lubukbaja dengan 11 orang, Nongsa enam orang, dan Batam Kota 23 pasien.

”Kita terus mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Tetap memakai masker, dan ingat pesan 5M (memakai masker, menjaga
jarak, mencuci tangan, menghindari kerumumnan dan membatasi mobilitas),” imbau Didi.(jpg)

Update