batampos.co.id – Si jago merah kembali beraksi. Kali ini, menghanguskan ratusan unit sepeda yang ada di gudang milik PT Barokah Utama Batam di kawasan Hijrah Industrial Estate,
Batam Kota, Minggu (28/2/2021).

Kebakaran terjadi mulai pukul 10.50-14.00 WIB. Ada sembilan mobil pemadam kebakaran ditambah water cannon milik Polda Kepri yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas secara cepat menghentikan sebaran api, sehingga kebakaran hanya melanda gudang di PT Barokah Utama Batam.


Dari informasi yang dikumpulkan Batam Pos di lapangan, kebakaran terlihat pukul 10.50 WIB. Pekerja bangunan di sebelah gudang sepeda itu, melaporkan adanya asap tebal.

Selang tak berapa lama, terdengar ledakan dari dalam gudang tersebut, dan api pun terlihat menjalar.

Kebakaran gudang milik PT Barokah Utama Batam di kawasan Hijrah Industrial Estate, Batam Kota, Minggu (28/2/2021). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Kapolsek Batamkota, AKP Restia Octane Guci, membenarkan kronologis kejadian ini.

”Salah seorang yang sedang bekerja di bangunan sebelah
gudang ini melaporkan kejadian ini,” kata Guci, Minggu (28/2/2021), seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ia mengatakan, saat itu di dalam gudang tidak ada satu orang pun. Karena, di Hari Minggu gudang tersebut tidak ada aktivitas.

”Libur mereka,” ucap Guci.

Guci mengatakan, pihaknya masih mencari tahu penyebab kebakaran. Saat ditanyakan apakah ada kemungkinan korsleting listrik, Guci menyebut bahwa berdasarkan penuturan karyawan PT Barokah Utama Batam, saat itu aliran listrik dan air dimatikan.

”Masih kami dalami lagi, dan meminta keterangan dari para saksi,” ujarnya.

Guci mengatakan, hanya satu gudang saja yang terbakar, dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp 6 miliar.

”Api udah berhasil dipadamkan, tapi petugas pemadam kebakaran dan dari kepolisian masih tetap berjaga di gudang,” ungkapnya.

Saat kebakaran terjadi, beberapa karyawan PT Barokah Utama Batam mencoba mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan, salah satunya spare part sepeda.

Namun, tidak banyak yang dapat diselamatkan dari kebakaran ini.

Selain dari Polsek Batamkota, Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Kepri pun ikut turun meminta keterangan beberapa orang saksi.
Penyidik yang turun mengaku masih mencari informasi mengenai penyebab terjadinya kebakaran ini.(jpg)