batampos.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim resmi meluncurkan subsidi kuota bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen di 2021. Bantuan ini akan berjalan selama tiga bulan, yaitu sampai Mei 2021.

“Kami lanjutkan kebijakan bantuan kuota gratis selama tiga bulan, sejak Maret 2021, dengan fleksibilitas penggunaan yang maksimal,” ujarnya dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3/2021)

Ia mengatakan, bantuan kuota internet ini akan mulai disalurkan pada 11 hingga 15 Maret 2021. Kuota internet ini akan berlaku selama 30 hari sejak kuota tersebut diterima.


Ada perubahan juga dalam besaran kuota yang diberikan. Seperti untuk peserta didik PAUD sebesar 7 GB per bulan, peserta didik jenjang dasar dan menengah 10 GB per bulan.

Sementara itu, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 12GB per bulan, lalu untuk mahasiswa dan dosen 15GB per bulan.

Kuota tersebut juga tidak akan dipisah seperti kemarin, yakni kuota belajar atau kuota umum, kini semua menjadi kuota umum yang penggunaannya lebih fleksibel.

Semua laman dan aplikasi kini juga dapat diakses, kecuali yang mendapatkan pengecualian.

Kecuali aplikasi yang diblokir, yaitu kebanyakan aplikasi-aplikasi seperti permainan untuk game dan juga sosmed seperti Facebook, Tiktok dan misalnya Instagram, tetapi kabar gembiranya karena sekarang kuota umum, YouTube sudah masuk ke dalam kuota ini.

Ia pun berharap, meksipun kuotanya lebih diperkecil, hal ini tetap dapat membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang saat ini masih dilakukan. Apalagi penggunaannya pun juga diperluas.

“Jadinya ini kabar gembira, walaupun volume GB tidak sebesar yang sebelumnya, tapi penggunaan itu jauh lebih fleksibel,” pungkasnya.(jpg)