Sabtu, 20 April 2024

Hutan Bukit Mangsang Terbakar

Berita Terkait

batampos.co.id – Belasan hektare hutan lindung yang ada di bukit Mangsang, Seibeduk, terbakar.

Lokasi hutan yang sebagian ini digarap warga sebagai lokasi perkebunan ini terbakar pada, Senin (1/3/2021) dan api masih membara sampai, Selasa (2/3/2021) siang kemarin.

Pantauan di lapangan, api telah menghanguskan hutan yang ada di sekitaran lokasi bukit. Api bahkan merambat hingga ke lokasi permukiman warga yang ada di bawah bukit.

Surni, warga Mangsang mengatakan, saat kebakaran terjadi, api dengan cepat merambat ke mana-mana sehingga sulit dipadamkan.

Sejumlah armada kebakaran yang diterjunkan ke lokasi kebakaran, tak berhasil menjinakkan api dalam sehari.

Itu karena, selain kondisi medan yang tak memungkinkan, cuaca yang panas juga mempermudah api merambat ke mana-mana.

Kawasan hutan Mangsang, Seibeduk, yang terbakar sejak Senin (1/3/2021) hingga Selasa (2/3/2021) kemarin. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Kepulan asap serta bara api terjadi selama dua hari terakhir ini. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batam, Azman, saat dikonfirmasi mengatakan, lokasi kebakaran cukup luas sehingga pihaknya belum bisa mengukur secara pasti.

”Cukup luas, cuma kita pastikan hari ini (kemarin) bisa diatasi semuanya karena yang tersisa saat ini cuma bara api saja,” kata Azman, seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Terkait penyebab kebakaran, warga sekitar menduga ada unsur kesengajaan oleh oknum warga yang berniat membuka lahan hutan lindung tersebut sebagai lokasi perkebunan.

”Itukan sudah banyak kebun, jadi ada yang berniat buka baru dengan cara membakar. Tak tahu juga siapa yang membakar, cuma kemungkinan besar untuk berkebun,” kata Arya, warga
Mangsang lainnya.(jpg)

Update