batampos.co.id – Pelaksanaan XC Race Series #1 digelar dan diikuti oleh 304 peserta.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Provinsi Kepri, Hari Sandi, Sabtu (13/3/2021) di Bukit Badak Bike Park, Nongsa, Kota Batam.

“Secara pribadi, saya mewakili Dinas Pariwisata Kepri mengapresiasi atas kegiatan XC Race Series #1 ini, dan saya juga lihat, dengan adanya kegiatan ini, banyak hikmah yang bisa diambil, diantaranya kita bisa memperbanyak persaudaraan,” ujar Hari Sandi pada Senin (15/3/2021).


Kedepan pihaknya berharap, kegiatan ini dapat dialksanakan kembali, sehingga membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batam.

“Saya berharap kedepannya, perlombaan seperti ini bisa terlaksana lagi. Kekompakan harus dijalin terus, karena dengan selalu kompak kita bisa mendirikan komunitas. Tidak ada satupun manusia yang berdiri tanpa ada komunitas untuk membangkitkan semangat bersama,” bebernya.

Peserta XC Race Series #1 saat melakukan start di di Bukit Badak Bike Park, Nongsa, Kota Batam, Sabtu (13/3/2021). Foto: Angga/batampos.co.id

Ketua panitia XC Race Series #1, Hercules, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi antar goweser khususnya MTB di Kota Batam, nasional dan kelak akan ke manca negara.

Ia menjelaskan, dari 304 peserta, hanya 40 peserta yang bisa masuk ke 8 (delapan) kategori perlombaan.

“Kegiatan ini, selain untuk bersilaturahmi, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar),” ujarnya.

Kegiatan kali ini lanjutnya, berjalan dengan lancar dan sukses.

“Semoga kedepannya kita bisa kembali melaksanakan kegiatan ini,” tuturnya.

Sekretaris Koni Batam, Helmi Hatta, mengatakan, dengan adanya kegiatan ini bisa mencari bibit muda berbakat di XC Race series sepanjang tahun 2021.

“Selain bersilaturahmi, tujuan kita yaitu untuk merekrut atlet-atlet yang mempunyai bakat dan yang bisa mengharumkan nama Kepri terutama Kota Batam,” ujar Helmi.

“Selain untuk merekrut atlet dan mencari bibit muda, kegiatan ini bisa memotifasi diajang resmi kompetensi XC Race di PON dan Asean Games,” sambungnya.

Pada perlombaan tersebut pada Kategori Class Veteran, juara pertama yaitu, Ruwito Brotowidjojo, dengan nama regu HI-Test Racing Team, dengan waktu tempuh 19:07.263.

Kategori Class Junior umur 17-19 tahun, juara pertama, Feri Yodoyono, dengan nama regu, Thrill Factory Racing Bolo1000- ISSI Lumajang, dengan waktu tempuh 13:43.214.

Kategori Class Women Open, juara pertama, Nadha Zulma Trinovia, dengan nama regu Impressa GGP Racing Team, dengan waktu tempuh 22:50.641.

Kategori Class PW umur 10-12, juara pertama, Reyhan Dwi Permadi, dengan nama regu HI-Test Racing Team dengan waktu tempuh 18:42.534.

Kategori Class Youth umur 13-16 tahun, juara pertama, Bagus Eksabana Amar Badali, dengan nama regu, Bolo1000- ISSI Lumajang, dengan waktu tempuh 16:12.353.

Kategori Class Master B umur 40-49, juara pertama Sovian A. Lubis, dengan nama regu HI-Test Racing Team, dengan waktu tempuh 16:55.375.

Kategori Class Men Open All Age, juara pertama Zaenal Fanani, dengan nama regu Thrill Factory Racing Bolo1000- ISSI Lumajang, dengan waktu tempuh 26:41.571.

Kategori Class Master A umur 30-39, juara pertama Andi Zulkifli, dengan nama regu Lotus Mountain Bike, dengan waktu tempuh 16:47.886.

“Untuk para pemenang dipodium pertama, mendapatkan 1 (satu) gram Emas Antam, dan uang tunai beserta frame patrol,” pungkasnya.(*)