batampos.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno didampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyaksikan secara langsung pelaksanaan vaksinasi untuk pelaku pariwisata di kawasan Nongsa Kota Batam dan Lagoi Kabupaten Bintan. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara serentak kepada 1.500 orang pelaku pariwisata di Nongsa Batam dan 2100 orang pelaku pariwisata di Kawasan Bintan Resort, Lagoi, Bintan.

Usai melakukan rapat koordinasi terbatas Safe Travel Corridor Arrangement (STCA) atau Pengaturan Koridor Perjalanan yang Aman pada dua zona yang akan dibuka pada 21 April 2021 di  Batam dan Bintan dengan konsep travel bubble tersebut, Kemenparekraf Sandiaga langsung melihat proses vaksinasi pelaku pariwisata di kawasan Nongsa Batam. Sementara untuk proses vaksinasi di kawasan Lagoi Bintan dilihat melalui vicon bertempat di Hotel Batam View Beach Resort Batam, Sabtu (20/3).

Saat meninjau Sandiaga melakukan dialog dengan beberapa pelaku pariwisata yang selesai divaksin.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno didampingi Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad menyaksikan secara langsung pelaksanaan vaksinasi untuk pelaku pariwisata di kawasan Nongsa, Sabtu (20/3). (Foto:HumasPemprov)

“Bagaimana rasanya divaksin? Pegel-pegel nggak? Aman ya. Tidak apa-apa kok. Ini adalah salah satu upaya kita untuk memulihkan pariwisata dan membangkitkan ekonomi di Kepri. Kita menargetkan juga untuk pelaku pariwisata ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga memberi semangat.

Sandi juga mengingatkan Vaksinasi adalah melengkapi protokol kesehatan yang sudah ada. Vaksinasi bukan berarti lengah terhadap prokes. Penerapan Ketat untuk segi 3M (mencuci tangan, memakai Masker dan menjaga jarak), 3T (traching, tracking, treatment) harus terus dilakukan.

Usai menyapa pekerja wisata usai divaksin, Kemenparekraf Sandiaga langsung melakukam vicon dengan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis yang juga Koordinator Vaksinasi untuk pelaku pariwisata Henky Manurung yang berada di kawasan wisata Lagoi menyaksikan pelaksanaan vaksinasi di sana.

Berdialog dengan Sandiaga, Henky melaporkan pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata di kawasan Lagoi berjalan lancar. Ada sekitar 2.100 orang yang akan divaksin. Henky juga melaporkan antusiasnya para pelaku pariwisata di kawasan Lagoi untuk divaksin. Termasuk kesiapan kawasan lain selain Lagoi.

Sementara itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan sebait pantun dengan isi pariwisata Kepri bangkit dan ekonomi pulih.

“Saya mengajak semua masyarakat Kepri untuk bersama-sama bergandeng tangan dengan pemerintah berjuang agar pariwisata Kepri cepat bangkit dan ekonomi kita segera pulih. Kita sampaikan vaksin halal dan aman. Dan kita terapkan protokol kesehatan 3M dan 3T dengan disiplin yang tinggi,” ajaknya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Staf ahli Menteri Kemenlu Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luat Negeri Siti Nugraha Maulidiah, Deputi I Kemenparekraf  Kurlaen Ukar, Wakil Ketua DPRD Kepri Dewi Kumalasar, Kapolda Kepri Irjen.Pol Aris Budiman, Danrem 033/WP Kepri Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu,  Walikota Batam H.Muhammad Rudi, Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara, mewakili Kakanw Hukum dan HAM Kepri Frieve Sumolang, Kakanwil Bea dan Cukai Kepri Abdul Rasyid, Kadis Pariwisata Kepri Buralimar, Kadis Pariwisata Batam Ardi Winata.(*/uma)