batampos.co.id – Sanggar Seni Tuah Gemilang di Kabupaten Kepulauan Anambas ikut tampil dalam acara pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) VII tingkat Kabupaten Anambas yang akan digelar di Kecamatan Siantan Selatan.

Rencananya STQH VII tingkat kabupaten ini akan dilaksanakan pada 21 Maret hingga 26 Maret 2021 mendatang.

“Kini kami sedang mempersiapkan penampilan untuk acara STQH di daerah ini, alhamdulillah Sanggar Seni Tuan Gemilang dipilih untuk mengisi acara tersebut,” ucap Ketua Sanggar Seni Tuah Gemilang, Hairol Ambri, Sabtu (20/3/2021).


Anggota Sanggar Seni Tuah Gemilang di Kabupaten Kepulauan Anambas saat mengikuti latihan untuk mengisi acara pembukaan STQH VII tingkat Kabupaten Anambas (Foto: Faidillah/batampos.co.id)

Lanjut dia lagi mengatakan, sejak dampak pandemi Covid-19 kegiatan event-event kebudayaan dan kesenian jarang ditampilkan lagi. Sebab biasanya pihaknya setiap bulan selalu ada kegiatan maupun tahunan seperti Festival Padang Melang di Anambas.

Sementara itu, untuk tahun 2020 dan 2021 Festival Padang Melang terpaksa ditiadakan karena pandemi Covid-19. Walaupun tidak ada event, Sanggar Seni Tuah Gemilang selalu latihan untuk persiapan kedepannya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, dengan keterbatasan sarana dan prasarana tidak menyurutkan semangat mereka untuk berkarya.

“Terakhir kita pernah mengikuti parade tari daerah Provinsi Kepulauan Riau, pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2014. Namun untuk tahun 2015 dan tahun selanjutnya kita tidak pernah mengikuti parade itu lagi,” sebutnya.

Masih kata dia, para seniman yang memiliki kualitas yang baik di daerah ini berharap kepada masyarakat dan pemerintah dapat mensupport lagi karya seni tari daerah maupun karya seni lainnya agar lebih terkenal baik itu tingkat provinsi, nasional, maupun mancanegara.(fai)