batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, Minggu (21/3) siang menggelar penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Karimun tahun 2020.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko menyampaikan dalam rapat pleno terbuka ini KPU Karimun memutuskan dan menetapkan paslon bupati dan wakil bupati Karimun nomor urut 1 yaitu Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim dengan perolehan suara sebanyak 54.519 suara atau 50,04 persen dari total suara sah sebagai paslon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2020.

”Alhamdulillah, penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun terpilih telah kita lakukan. Sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020 penyerahan berita acara penetapan pengusungan paslon terpilih paling lambat tiga hari diserahkan kepada DPRD Karimun,” terangnya.

Namun, pihaknya merencanakan akan menyerahkan ke DPRD Karimun hari ini (Senin, red). Tujuannya agar segera diproses untuk dilanjutkan pelantikan oleh Gubernur Kepri nantinya.

Di mana, dalam berita acara juga dimasukkan Keputusan KPU Karimun nomor 520/ PL.02.6-Kpt/2102/KPU-Kab/ XII/2020 tentang penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2020.

Kemudian putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia nomor 68/PHP.BUP-XIX/2021 perihal Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Karimun. Selanjutnya surat Panitera Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia nomor 109.68/PAN.MK/PSPK/03/2021 perihal penyampaian salinan putusan.

”Putusan rapat pleno terbuka KPU Karimun ditandatangani Ketua dan anggota KPU Karimun yang dibuat rangkap enam untuk disampaikan kepada DPRD Karimun, parpol pengusung paslon, paslon terpilih, KPU RI, Bawaslu dan arsip KPU Karimun,” ungkapnya.

Sementara itu dalam rapat pleno terbuka KPU Karimun dihadiri langsung paslon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim. Sebelumnya, MK RI telah memutuskan amar putusan mengadili dalam eksepsi menolak eksepti Termohon dan eksepsi pihak terkait. Dan, dalam pokok permohonan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya. (*/jpg)