batampos.co.id – Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi masa depan anaknya. Salah satunya dengan memberikan akses pendidikan yang berkualitas. Namun, biaya pendidikan yang terus naik setiap tahun menjadi hal yang perlu diperhatikan sehingga tidak memaksa para orang tua untuk berhutang demi memenuhi dana pendidikan anak.

Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah memberikan tips terkait strategi dalam memulai persiapan dana pendidikan anak. Dengan berinvestasi, dapat mengalahkan kenaikan biaya pendidikan di masa mendatang karena dana yang telah dikumpulkan tidak tergerus nilanya oleh inflasi.

“Salah satu cara investasi yang dapat digunakan dalam mengumpulkan dana pendidikan adalah dengan berinvestasi emas. Emas cocok digunakan sebagai tabungan dana pendidikan karena sebagai alat lindung nilai terhadap inflasi, mudah dicairkan serta harga cenderung meningkat dalam jangka panjang,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (22/3).


Indra menjelaskan, untuk tujuan dana pendidikan, dibutuhkan strategi yang tepat dalam berinvestasi emas. Idealnya dana pendidikan anak dipersiapkan dari jauh hari, misalnya saat masa kehamilan sehingga dana yang dikumpulkan dapat mencakup jenjang pendidikan yang tinggi.

“Dengan jangka waktu yang panjang, maka dalam mengumpulkan dana pendidikan anak dapat menggunakan emas sebagai investasi. Prospek investasi emas masih sangat menjanjikan untuk ke depannya. Tentunya dengan menerapkan beberapa strategi sehingga dana yang dibutuhkan dapat tercukupi di masa mendatang,” ucapnya.

Bagi para orang tua yang ingin mempertimbangkan investasi emas untuk dana pendidikan anak, terdapat tips yang dapat dicoba, diantaranya;

1. Menghitung biaya pendidikan saat ini
Langkah pertama dalam menyiapkan dana pendidikan adalah menghitung biaya pendidikan yang dibutuhkan. Para orang tua dapat mengumpulkan berbagai informasi biaya sekolah yang ingin dipilih.

“Anda dapat menghitung dana yang dibutuhkan berangkat dari uang pangkal dan spp bulanan, misal nya untuk kebutuhan pendidikan SD dan SMP dibutuhkan sekitar Rp 100 juta,” ucapnya.

2. Menghitung biaya pendidikan yang dibutuhkan di masa mendatang
Perlu diingat bahwa dengan terdapatnya kenaikan biaya pendidikan setiap tahun, dimana rata-rata kenaikan sebesar 10 persen per tahun. “Misalnya Anda memiliki waktu 5 tahun dalam mengumpulkan biaya dengan jumlah diatas yakni Rp 100 juta, maka dana yang dibutuhkan sesungguhnya di masa mendatang adalah Rp 161.051.000,” tuturnya.

3. Mengonversikan biaya pendidikan dengan jumlah gramasi emas
Untuk mengetahui seberapa besar emas yang dibutuhkan dari biaya yang telah dihitung di masa mendatang, maka Anda dapat mengonversikan biaya tersebut dengan harga emas saat ini.

“Harga emas logam mulia per tanggal 18 Maret 2021 adalah Rp 935.000, sehingga untuk kebutuhan dana pendidikan diatas dibutuhkan emas setara dengan 172.25 gram. Maka, selama 5 tahun, menabung emas secara rutin per bulan nya adalah sekitar 2,9 gram,” katanya.

4. Disiplin dengan tujuan yang ingin diraih
Setelah mengetahui dengan jelas biaya yang dibutuhkan di masa mendatang, maka disiplin dalam menabung emas merupakan kunci utama agar pendidikan anak di masa depan dapat terjamin. Tentu nya dengan perencanaan keuangan yang tepat sehingga dana yang disisihkan untuk tujuan pendidikan anak tidak menggangu cash flow rumah tangga.

“Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan sehingga Anda dapat mempersiapkan dengan matang ketika menyiapkan dana pendidikan anak. Mulailah berinvestasi sejak dini agar tujuan finansial tersebut dapat diraih dengan baik,” tutupnya.(jpg)