batampos.co.id – Sebagai perusahaan penyedia energi listrik utama di wilayah Batam, bright PLN Batam terus melakukan inovasi guna meningkatkan layanan bagi pelanggannya.

Salah satu inovasi yang baru–baru ini dilakukan adalah Pelayanan Virtual bright PLN Batam.

Executive Vice President Commercial bright PLN Batam, Fransis Al Zauhari, menyampaikan, melalui Pelayanan Virtual bright PLN Batam ingin memberikan kemudahan layanan dan pengalaman yang baik untuk pelanggan.

“Kami menyadari bahwa kepuasan konsumen merupakan kunci dari keberhasilan perusahaan, sehingga pelayanan terbaru ini menghadirkan terobosan dan sarana kemudahan yang diberikan kepada pelanggan,” katanya, Selasa (23/3/2021).

“Dengan penggunaan Layanan Virtual, pelanggan tidak perlu datang ke kantor pelayanan bright PLN Batam untuk menerima layanan seperti; pengajuan pasang baru, perubahan daya, perubahan nama serta keluhan dan pengaduan lainnya,” ujarnya lagi.

Melalui Pelayanan Virtual bright PLN Batam ingin memberikan kemudahan layanan dan pengalaman yang baik untuk pelanggan. Foto: PLN Batam untuk batampos.co.id

Kini lanjutnya, pelanggan dapat mengakses pelayanan bright PLN Batam melalui satu genggaman.

“Yaitu cukup menggunakan gadget atau smartphone, laptop maupun personal komputer lalu membuka website bright PLN Batam, layanan listrik sudah dapat dinikmati dari mana saja,” tambahnya lagi.

Ia menambahkan, digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan dan konsumen di Batam sudah hampir semuanya sadar akan internet.

Sehingga kata dia, ini merupakan hal yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

“Di satu sisi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan di sisi lain mengelaborasi hak-hak konsumen serta meminimalisir human error,” tuturnya.

Adapun tata cara untuk menikmati Pelayanan Virtual tersebut adalah sebagai berikut ;
1. Pastikan perangkat gadget atau smartphone anda telah                memiliki aplikasi “Zoom”.
2. Buka aplikasi mesin pencari dan ketik www.plnbatam.com.
3. Pelanggan akan terhubung ke website bright PLN Batam,              kemudian pilih/klik menu “Pelayanan Virtual” pada halaman          website.
4. Klik “Keperluan Pelanggan” untuk mendapatkan pelayanan            yang di inginkan, adapun jenis pelayanan yang tersedia                adalah:
a. Pasang Baru
b. Perubahan Daya
c. Perubahan Nama
d. Penyambungan Sementara
e. Pengaduan
5. Masukkan data pelanggan dan kode unik. Kemudian klik              “Submit”.
6. Mohon menunggu giliran, Costumer Service akan melayani di        loket pelayanan virtual.

Terobosan ini sejalan dengan salah satu pilar transformasi PT PLN (Persero), yaitu Customer Focused, dimana pelanggan untuk mendapatkan kemudahan digitalisasi layanan melalui Pelayanan Virtual.

“Kita harus berubah dari fokus pada peningkatan kapasitas menjadi fokus dalam menggerakkan dan memahami kebutuhan pelanggan, kita harus bekerja lebih baik dari harapan pemberi tugas dan kita harus melayani lebih baik dari harapan pelanggan,” pungkas Fransis.

Layanan Virtual bright PLN Batam juga diharapkan dapat memberikan kemudahan, kepastian dan kecepatan Layanan sebagai wujud upaya bright PLN Batam ikut memutus rantai penyebaran Covid-19.(*)