batampos.co.id – Kelulusan Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan. Namun, peserta SNMPTN 2021 yang belum lolos dapat berusaha masuk PTN melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih pun mengatakan bahwa jalur UTBK-SBMPTN telah siap. Saat ini pihaknya tengah menunggu para pendaftar UTBK-SBMPTN hingga 1 April 2021.

“Untuk SBMPTN sudah sangat siap, menunggu pendaftar saja. Saya yakin setelah pengumuman (SNMPTN) pendaftar di SBMPTN akan meningkat lagi,” terang dia dalam Telekonferensi Pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2021, Senin (22/3).


Ia mengungkapkan bahwa pada saat ini, pendaftar SBMPTN telah mencapai 200 ribu orang. Dia kembali mengingatkan, yang telah lulus SNMPTN jangan coba-coba mendaftar di UTBK-SBMPTN. Sebab memang tidak bisa atau akan tertolak sistem.

“Kami mengingatkan lagi, mereka yang sudah lulus SNMPTN tidak bisa mendaftar di UTBK-SBMPTN. Jangan suka memaksakan diri, karena pasti komputer akan menolaknya,” imbuhnya.

Pelaksanaan SBMPTN tinggal sebentar lagi dan persiapan di semua sisi juga sudah dimatangkan. “Lokasi sudah disiapkan sebaik-baiknya, sarana prasarana sudah kita lakukan dan survei, insyaalah sudah ada perbaikan. Soal juga sudah siapkan dan itu sifatnya semua rahasia,” tutur dia.

Untuk dapat lulus dalam UTBK-SBMPTN, dirinya mengingatkan agar peserta memilih program studi dan PTN sesuai dengan kapasistas kemampuan. Dengan begitu potensi kelulusan dapat lebih besar.

“Tidak perlu ragu merubah jurusan dan prodi (ketika di SNMPTN) yang lebih realistis dengan kondisi masing-masing,” tutup Nasih.(jpg)