Kamis, 25 April 2024

Pelaksanaan Haji Segera Diumumkan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Indonesia terus mengupayakan agar pelaksanaan ibadah haji 1442 H/2021 M untuk jamaah tanah air bisa terlaksana. Terkait hal itu, pemerintah Arab Saudi pun berjanji segera memberikan keputusan bagi jamaah Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Kementerian Agama (Kemenag), Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam Althagafi, mengungkapkan, Arab Saudi terus melakukan persiapan untuk dapat kembali menerima kedatangan jamaah umrah dan haji. Ia juga menyebutkan pihaknya terus berupaya untuk mengkaji kemungkinan pelaksanaan ibadah haji. Kajian utamanya, lanjut Esam, terkait dengan protokol kesehatan pada pelaksanaan haji.

“InsyaAllah dalam waktu dekat ada pengumuman resmi. Karena yang terpenting saat ini bagi kami adalah menjaga keselamatan jamaah haji. Kami berharap jamaah dapat tiba di Arab Saudi dan kembali pulang ke negaranya dengan selamat,” pungkas dia.

Sementara itu, sejumlah persiapan terus dilakukan Pemerintah Indonesia terkait penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M meskipun belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi. Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menegaskan persiapan yang dilakukan antara lain menyiapkan dokumen hingga vaskinasi.

“Kementerian Agama terus melakukan persiapan sembari menunggu informasi resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait kemungkinan keberangkatan jamaah haji Indonesia,” kata dia usai melakukan pertemuan dengan Dubes Arab Saudi Esam Abid Althagafi di Kantor Kemenag Jakarta, Senin (22/3).

Wamenag berharap pandemi di Indonesia, Arab Saudi, hingga dunia dapat segera diatasi. “Sehingga umat Islam dari Indonesia dan negara lainnya, dapat kembali berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah haji,” ujar dia.(jpg)

Update