batampos.co.id – Tiga perusahaan di Kawasan Cammo Industrial Park Blok G, Batam Center, terbakar, Senin (22/3/2021) sekitar pukul 04.30 WIB.

Ketiga perusahaan itu berada di nomor 8, 9, dan 10 yakni PT PNBC Indonesia, CV Lestari Jaya Mandiri, dan PT Alpha Precision Engineering.

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun, api menghanguskan seluruh barang di dalam perusahaan dan kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.


Kasi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Samsudin, mengatakan, kebakaran tersebut diketahui dari laporan Irawan, sekuriti PT PNBC Indonesia.

Saat itu, Irawan tengah berpatroli dan melihat sumber api dari salah satu mesin produksi gear sepeda.

Petugas berusaha memadamkan api yang menghanguskan tiga perusahaan di kawasan Cammo industrial Park Blok G, Senin (22/3/2021). Foto: Samsudin untuk Batam Pos

”Atas inisiatif sendiri, saksi memadamkan api dengan peralatan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang ada ada di perusahaan itu. Tapi api tidak bisa di kendalikan,” ujar Samsudin seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Samsudin menjelaskan, api kemudian dengan cepat merambat ke perusahaan CV Lestari Jaya Mandiri yang berisikan kardus dan bahan detergen.

Dalam kejadian ini, kata Samsudin, pihaknya mengerahkan tiga unit mobil pemadam dan dibantu dua unit Armoured Water Cannon (AWC) Polda Kepri.

”Kita juga dibantu karyawan perusahaan untuk memadamkan. Proses pemadaman berlangsung selama 4 jam,” katanya.

Kanit Reskrim Polsek Batam Kota, Ipda Yustinus Halawa, membenarkan kejadian ini. Ia mengatakan, polisi masih meyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

”Masih penyelidikan. Nanti sama Kapolsek langsung,” ujarnya.(jpg)