batampos.co.id – Pertamina mulai memberlakukan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite setara dengan harga BBM penugasan jenis premium.

Kebijakan yang mengusung konsep Langit Biru, yaitu mengajak masyarakat merasakan BBM dengan kualitas yang lebih baik itu,
berlaku mulai 21 Maret 2021 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Diharapkan, kebijakan serupa juga diterapkan di Kota Batam. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, mengatakan, pemerintah daerah mendorong agar kebijakan tersebut juga diberlakukan di Kota Batam.


Hal ini melihat Batam merupakan salah satu daerah wisata, dan membutuhkan program seperti ini.

Terlebih, akibat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ekonomi sulit, maka harga BBM yang terjangkau sangat dinantikan.

Antrean pengendara saat membeli BBM di salah satu SPBU di Kota Batam. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

”Kita dorong pastinya, kebijakan yang sangat meringankan masyarakat ini,” ucapnya, Selasa (23/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ia menjelaskan, pemberlakuan ini dilaksanakan secara bertahap dan diperuntukkan bagi konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, mobil berpelat kuning seperti angkutan kota (angkot) dan taksi.

Gustian menyebut, hingga kini belum ada komunikasi soal pemberlakuan pertalite seharga premium untuk Batam.

Pihaknya mengharapkan hal ini juga bisa direalisasikan di Batam. Sehingga, ketika premium benar-benar dihapus, masyarakat bisa beralih ke pertalite, namun harganya sama.

“Kabar gembira tentunya, kalau benar diterapkan, saya rasa masyarakat akan sangat menyambut hal ini. Apapun kebijakan yang meringankan masyarakat, pasti sangat disambut baik,” terangnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih berjuang untuk merealisasikan kartu kendali dalam pembelian premium.
Hingga kini, masih dibahas mengenai waktu penerapan kartu kendali.

”Besok (hari ini) saya rapat pukul 16.00 WIB untuk memantapkan langkah soal penerapan kartu kendali ini. Kami akan sampaikan progres tahapan kerja kami, dan BRI juga sudah ada cetak kartu. Jadi, tinggal realisasinya saja lagi. Semoga secepatnya,” bebernya.(jpg)