batampos.co.id – Sebagai satu-satunya perusahaan penyedia energi listrik utama di wilayah Batam, bright PLN Batam terus berinovasi meningkatkan layanan bagi pelanggannya. Salah satu inovasi terbaru dilakukan adalah pelayananvirtual bright PLN Batam.

Executive Vice President Commercial bright PLN Batam, Fransis Al Zauhari menjelaskan, melalui pelayanan virtual, bright PLN Batam ingin memberikan kemudahan layanan dan pengalaman yang baik untuk pelanggan.

”Kami menyadari kepuasan konsumen merupakan kunci dari keberhasilan perusahaan, sehingga pelayanan terbaru ini menghadirkan terobosan dan sarana kemudahan yang diberikan ke pelanggan. Dengan penggunaan layanan virtual, pelanggan tidak perlu datang ke kantor pelayanan bright PLN Batam untuk menerima layanan seperti pengajuan pasang baru, perubahan daya, perubahan nama serta keluhan dan pengaduan lainnya,” beber Fransis, Selasa (23/03).


Kini, lanjut Francis, pelanggan dapat mengakses pelayanan bright PLN Batam melalui satu genggaman, cukup menggunakan gadget atau smartphone, laptop maupun personal computer, lalu membuka laman bright PLN Batam, layanan listrik sudah dapat dinikmati dari mana saja.

Digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan, konsumen di Batam sudah hampir semuanya sadar akan internet, sehingga ini merupakan hal yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Di satu sisi meningkatkan pelayanan kepada konsumen, dan di sisi lain mengelaborasi hak-hak konsumen, serta meminimalisir human error.

Adapun tata cara untuk menikmati pelayanan virtual tersebut adalah sebagai berikut. Pertama pastikan perangkat gadget atau smartphone Anda telah memiliki aplikasi “Zoom”. Berikutnya buka aplikasi mesin pencari dan ketik www. plnbatam.com.

Selanjutnya pelanggan akan terhubung ke laman bright PLN Batam, kemudian pilih/ klik menu “pelayanan virtual” pada halaman laman. Selanjutnya klik ”keperluan pelanggan” untuk mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Adapun jenis pelayanan yang tersedia adalah pasang baru, perubahan daya, perubahan nama, penyambungan sementara, serta pengaduan.

Berikutnya masukkan data pelanggan dan kode unik. Kemudian klik “submit”. Terakhir pelanggan menunggu giliran, customer service akan melayani di loket pelayanan virtual.

Terobosan tersebut, sejalan dengan salah satu pilar transformasi PT PLN (Persero), yaitu customer focused, dimana pelanggan untuk mendapatkan kemudahan digitalisasi layanan melalui pelayanan virtual.

”Kita harus berubah dari fokus pada peningkatan kapasitas, menjadi fokus dalam menggerakkan dan memahami kebutuhan pelanggan. Kita harus bekerja lebih baik dari harapan pemberi tugas, dan kita harus melayani lebih baik dari harapan pelanggan,” pungkas Fransis.

Layanan virtual bright PLN Batam juga diharapkan dapat memberikan kemudahan, kepastian dan kecepatan layanan sebagai wujud upaya bright PLN Batam ikut memutus rantai penyebaran Covid-19. (*/jpg)