batampos.co.id – Pemerintah memastikan jika formasi guru untuk CPNS 2021 akan dialihkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Batam, Hendri Arulan, meminta tenaga guru honorer untuk mempersiapkan diri jelang dibukanya seleksi PPPK pada April mendatang.

”Usulan sudah ada. Persiapkan persyaratan dan diri untuk ikut seleksi penerimaan PPPK ini,” kata dia, Selasa (23/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.


Menurutnya, meskipun formasi CPNS tidak dibuka untuk guru dan dialihkan menjadi tenaga PPPK, kesiapan tenaga honorer harus maksimal.

Melalui PPPK ini, tenaga honorer bisa meningkatkan jenjang karir mereka, dan berkesempatan mendapatkan hak yang sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

”Tetap sama. Jadi ayo siapkan diri untuk ikut tes ini. Kita semua berharap kuota yang diberikan nanti sesuai dengan kebutuhan,” sebutnya.

Ia berharap, berapapun kuota yang diberikan pusat, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan yang ada.

Guru termasuk paling prioritas untuk diusulkan menjadi tenaga PPPK tahun ini.

”Karena jumlah tenaga honorer kita cukup banyak, semoga kuotanya juga banyak. Sebab untuk formasi CPNS, sudah tidak ada lagi,” sebutnya.

Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Batam ini mengaku, saat ini proses belajar mengajar di sekolah sangat bergantung dari tenaga honorer.

Hal ini karena jumlah tenaga PNS yang ada tidak mampu memenuhi kebutuhan seiring penambahan siswa dan bangunan sekolah.

”Harapannya, berapapun kuota yang diberikan nanti agar bisa terisi dengan sempurna. Yang penting, tenaga honorer kita yang ada saat ini bisa meningkat jenjang karirnya,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemko Batam kembali mengajukan usulan untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang rencananya akan dibuka April mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, mengatakan, usulan Pemko Batam untuk CPNS sebanyak 445 formasi, dan PPPK 2.821 formasi.

Namun, untuk kuota yang diberikan nanti masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat.

”Sementara itu dulu. Jadi kita berharap semua usulan untuk tahun ini bisa dikabulkan pusat tentunya,” sebutnya.

Ia merinci usulan CPNS dari kalangan guru memang tidak ada, karena memang dari pusat tidak membuka dan dialihkan ke PPPK.

Formasi CPNS tenaga kesehatan sebanyak 202, dan tenaga teknis 243 orang. Usulan PPPK untuk tenaga guru 2.626 orang, tenaga kesehatan 171 orang, dan tenaga teknis sebanyak 26 orang.(jpg)