batampos.co.id – Produsen farmasi asal Tiongkok, Sinovac mengklaim vaksin Covid-19 buatannya aman digunakan untuk bayi berusia tiga tahun hingga remaja berusia 17 tahun. Direktur Medis Sinovac, Zeng Gang, mengeluarkan pernyataan itu setelah melihat hasil uji klinis tahap I dan II untuk bayi dan remaja.

Vaksin Sinovac merupakan yang pertama di dunia yang diuji coba untuk bayi dan remaja. Hal itu dikatakan Zeng dikutip media Tiongkok, Selasa (23/3).

Zeng mengatakan bahwa berdasarkan uji klinis tahap I, vaksin Sinovac secara umum aman untuk 72 remaja dan tahap II untuk 480 remaja.


Dalam uji klinis yang dilakukan di Tiongkok itu, ditemukan tingkat efek samping 23,7 hingga 29 persen dengan gejala ringan. Ada dua anak, masing-masing berusia tiga dan enam tahun yang dilaporkan mengalami gejala demam setelah disuntik vaksin Sinovac.

Kelompok umur yang mendapatkan dosis berbeda dalam uji coba terkontrol itu semuanya memperoleh kekebalan yang memenuhi syarat. “Namun berapa dosis yang harus digunakan untuk menyuntik kelompok usia yang berbeda itu masih dalam pembahasan,” kata Zeng.

Hasil uji coba tahap I dan II itu sudah cukup bagi Sinovac untuk mengajukan permohonan izin kepada otoritas terkait di Tiongkok agar bisa digunakan secara masal. Sementara itu, Sinopharm, produsen vaksin lainnya asal Tiongkok, sedang melakukan uji klinis pada anak-anak.(jpg)