batampos.co.id – Stasiun Meterologi Hang Nadim memprakirakan hujan turun di Batam dalam dua hari ke depan.

Peningkatan potensi hujan ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik di Laut Natuna. Sehingga, mendukung pembentukan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau.

”Secara umum, kondisi cuaca Batam esok (hari ini) berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di seluruh wilayah Batam,” kata Prakirawan Stamet Hang Nadim, Riza Januarti, Rabu
(24/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.


Ia mengatakan, sirkulasi siklonik yang kecil, hanya meningkatkan potensi hujan sesaat saja. Tapi setelah dua hari kemudian, cuaca di Batam kembali cerah berawan.

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan terjadi hujan, tapi lebih bersifat lokal di beberapa wilayah Batam.

”Hari ini hingga lusa, potensi hujan meningkat, setelah itu kembali berawan,” ucapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan data Stamet Hang Nadim selama 30 tahun ini, potensi hujan akan meningkat di Mei. potensi hujan yang turun lebih tinggi dibandingkan Maret dan April.

Terkait hujan yang turun di Rabu (24/3), Riza mengaku cukup merata di beberapa wilayah. Berdasarkan citra satelit, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di wilayah Nongsa, Seibeduk, Bengkong, Batuampar, Lubukbaja, Batam Kota, Sekupang dan Batuaji.

”Hujannya disertai petir juga. Kondisi sama akan terjadi dalam dua hari ke depan,” ucapnya.

Mengenai potensi gelombang, Riza menyebut, masyarakat di perairan Bintan harus waspada, karena diprediksi gelombang setinggi 1,5 meter melanda wilayah itu.

Sedangkan di Anambas dan Natuna lebih tinggi lagi, 2,5 meter.

”Kepada masyarakat tetap waspada dan hati-hati terhadap gelombang tinggi,” pungkasnya.(jpg)