batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam kembali mengajukan permintaan kepada pertamina untuk menerapkan program Langit Biru di Batam.

Program yang bertujuan mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas yang lebih baik, dengan cara menyetarakan harga pertalite dengan premium itu, memang sudah berlaku di beberapa daerah lain di Indonesia.

Jika nanti benar-benar disetujui, Disperindag juga berharap agar semua SPBU turut menjual pertalite.



Meskipun, sasaran kebijakan itu berlaku bagi kendaraan roda dua dan kendaraan umum.

”Hari ini (kemarin) saya rapat dengan pertamina. Saya akan coba sampaikan keinginan masyarakat Batam, agar penerapan kebijakan tersebut bisa juga dilaksanakan di sini,” kata Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau, Rabu (24/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ia mengatakan, kebijakan ini sangat baik. Selain membuat masyarakat beralih dari premium ke pertalite, harga yang lebih murah juga menjadi kemudahan, karena selama ini alasan warga banyak yang tetap membeli premium karena lebih murah dari pertalite.

”Jadi, kami inginnya ini diberlakukan, dan semua SPBU yang tersebar di Batam menerapkan kebijakan yang sama. Jadi, jangan ada tebang pilih SPBU yang menerapkan ini nantinya,” sebut Gustian.

Lanjutnya, sudah seharusnya Batam juga bisa merasakan berbagai kebijakan yang bisa meringankan masyarakat.

Selama ini, keluhan kelangkaan jenis BBM tertentu selalu terjadi. Diharapkan, dengan adanya kebijakan ini tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan BBM, karena semua sudah menggunakan pertalite.

”Untuk itu akan kami dorong dan minta agar hal ini bisa diterapkan di Batam. Karena di setiap SPBU pasti ada pertalite,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat juga akan menyambut hal ini dengan senang hati. Mereka bisa mendapatkan pertalite dengan harga premium. Terutama, bagi kendaraan umum atau yang menggunakan pelat kuning.

”Kendaraan pribadi saja senang, apalagi umum. Jadi kita akan sampaikan ini nanti dalam pertemuan. Mudah-mudahan ada kabar baik tentunya dari permintaan kita ini,” terangnya.

Sebelumnya, pertamina mulai memberlakukan harga BBM jenis pertalite setara dengan premium mulai 21 Maret lalu di Makassar, Sulawesi Selatan.

Desakan agar hal ini juga bisa diterapkan di seluruh Indonesia termasuk Batam kian menguat.(jpg)