batampos.co.id – Server router di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam di Sekupang rusak.

Akibatnya, jaringan siak dan jaringan pelayanan online di laman Disdukcapilbisa tidak bisa diakses, Rabu (24/3/2021).

Karena itu, pelayan dihentikan sementara waktu. Sekretaris Disdukcapil Batam, Dewi Rufianti, mengatakan, server tersebut merupakan jantung pelayanan Disdukcapil.


Pihaknya berjanji akan segera mengatasi permasalahan server kependudukan ini. Kepada warga Batam, ia meminta agar tetap bersabar menunggu perbaikan server kependudukan Disdukcapil Batam hingga kembali normal.

”Siapa yang tidak kesal, pastilah warga kesal. Namun, permasalahan ini bukan yang kita inginkan, server kependudukan yang sedang mengalami gangguan. Maka kita minta warga harap
bersabar ya,” ujar Dewi, Rabu (24/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Diakuinya, server kependudukan milik Disdukcapil Batam sudah cukup lama beroperasi sehingga saat ini Pemko Batam sedang menunggu pemenang lelang server.

Ilustrasi. Warga Kota Batam mengatre untuk mendapatkan pelayanan adminstrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan Kota Batam. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

”Itu server kependudukan usianya sudah cukup lama ditambah lagi banyaknya data kependudukan masyakarat Batam yang masuk ke dalam server sehingga mengalami gangguan,” terangnya.

Dikatakannya, sejak server kependudukan mengalami permasalahan, terjadi peningkatan antrean layananan kependudukan warga.

”Sudah beberapa hari terjadi antrean layanan pengurusan.
Akibatnya, mereka harus datang lagi lantaran ada yang tidak terekam karena server bermasalah,” ungkap Dewi.

Rusaknya server router bukan kali pertama terjadi. Bahkan,
permasalaan ini sudah terjadi berulang kali, bahkan sejak Februari lalu.

Saat ini, Disdukcapil tengah menunggu perbaikan server agar segera pulih. Kondisi itu menyebabkan warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan harus terhambat, bahkan harus pulang tanpa membawa dokumen.

”Katanya server rusak, ini saya nunggu sudah dari pagi sampai siang belum juga bisa. Enggak tahu lah Disduk ini, sudah dari bulan lalu server-nya sering rusak,” ujar Andika, salah satu warga yang berencana mengurus KTP di kantor Disdukcapil Sekupang.

Hal senada juga disampaikan Lukman, ia mengaku kecewa
karena pengurusan dokumen miliknya tak kunjung selesai.

”Sengaja off (libur) kerja untuk mengurus, tahunya jaringan lagi bermasalah,” sesal Lukman.

Warga lainnya, Susi, juga mengaku, kepengurusan online Disdukcapilbisa tak dapat diakses. Padahal saat ini ia berada di luar daerah.

”Biasanya enggak ada masalah. Tapi sekarang enggak bisa
diakses. Beberapa kali masuk login tak bisa masuk,” sesalnya.(jpg)