batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, saat ini lebih dari 100 proyek fisik tengah proses lelang.

Ia memperkirakan, ratusan proyek tahun ini yang sudah direncanakan, mulai dikerjakan April mendatang.

”Beberapa proyek sudah mulai tahap seperti pembukaan lahan yang akan dikerjakan. Seperti yang di Sekupang, sudah mulai dibuka sisi kiri dan kanan. Begitu juga proyek yang dikerjakan BP Batam sudah mulai berjalan,” kata dia, Kamis (25/3/2021) lalu seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.



Ia menyebutkan, ada 15 proyek besar akan dikerjakan tahun ini. Paling banyak itu terkait peningkatan infrastruktur jalan, fasilitas sekolah, dan lainnya.

Alat berat dikerahkan untuk menunjang proses pembangunan dua jalur Jalan Trans Barelang, Rabu (3/3/2021) lalu. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Proyek tersebut termasuk prioritas dan harus dikerjakan tahun ini. Selain Pemko, ada juga proyek Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan sudah mulai pengerjaan di dua titik.

Yakni, jalan dari Simpang Ocarina arah Bengkong dan dari Pelabuhan Batuampar ke Kodim.

”Saya lupa saking banyaknya proyek lelang. Sebagian besar sudah tender. Kemarin (Februari) laporan awal sudah 86 paket. Sekarang 1 bulan, mungkin sudah lebih 100 proyek tender. Kalau kegiatan proyek berskala besar ada 15,” sebutnya.

Diharapkan, saat proyek sudah dikerjakan, maka geliat ekonomi akan semakin baik.

”Kita bagimana agar awal tahun ini, geliat ekonomi membaik. Kita di-support (dukung) atau ekonomi digerakkan belanja pemerintah daerah,” tuturnya.

Proyek pembangunan 2021 ini lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Walaupun Batam masih dilanda pandemi Covid-19.

”Tahun ini adalah tahun yang paling banyak pembangunan meskipun di tengah pandemi,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, peningkatan jalan-jalan utama dengan jalan lingkungan juga harus seimbang.

Dengan demikian, diharapkan ekonomi Kota Batam bisa bergerak sesuai yang diharapkan.

Tahun ini, beberapa jalan utama yang akan dilebarkan di antaranya jalan di wilayah Batuampar, dari Pelabuhanan Batuampar sampai Mukakuning.

Sepanjang jalan ini harus dilebarkan agar lalu lintas lancar termasuk industri yang ada di sekitarnya.(jpg)