batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, hingga saat ini belum ada informasi terkait realisasi sembako Covid-19 yang direncanakan akan didistribusikan jelang Ramadan.

Menurutnya, Pemko Batam memang selalu berusaha agar penyaluran bantuan bisa segera dilakukan jelang hari-hari besar seperti bulan puasa, Lebaran, Natal, dan Tahun Baru.

Begitu juga dengan bantuan Covid-19 yang sudah dijalankan sejak tahun lalu.


”Saya tidak ikut rapat, mungkin bisa ke Pak Sekda (Sekretaris Daerah Kota Batam,Jefridin) detailnya. Sudah sampai mana tahap sembako Covid ini,” kata dia, Jumat (26/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ilustrasi. Perangkat RT/RW membawa bantuan sembako dari Pemko Batam yang diambil dari kantor Lurah Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (22/4/2020) lalu. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Jelang Ramadan ini, masih ada bazar sembako murah di setiap kecamatan. Harga yang ditawarkan berada di bawah harga pasar.

Hal ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan kebutuhan selama bulan puasa.

Amsakar menjelaskan bahwa bantuan sembako Covid-19, memang sempat dianggarkan.

Namun, angkanya mengalami perubahan akibat refocusing (dialihfokuskan) akibat pandemi yang masih berlangsung hingga
saat ini.

”Angkanya berubah-ubah. Pastinya saya belum tahu, karena belum ikut rapat soal pembahasan ini,” ujarnya.

Kendati demikian, pemerintah akan berupaya bagaimana agar rencana ini bisa segera direalisasikan. Pemerintah berkomitmen agar pemenuhan kebutuhan masyarakat jadi prioritas.

”Nanti lah saya coba cari tahu sudah sejauh mana proses pengadaan sembako Covid ini. Kalau untuk pelaksanaan itu di Dinsos. Mudah-mudahanlah secepatnya bisa terlaksana,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, sembako khusus Covid-19 tahun ini belum terlaksana.

Saat ini, Pemko sedang fokus pada pelaksanaan vaksinasi
dan pencegahan penularan Covid-19.

”Namun nanti akan diupayakan. Karena semuakan tergantung ketersediaan anggaran,” sebutnya.(jpg)